29 C
Manado
Selasa, 20 Oktober 2020

Langgar Protokoler Kesehatan, 473 Warga Disanksi

MANADOPOST.ID-Sebanyak 473 warga Kota Manado melanggar protokoler kesehatan, ketika dilakukan Operasi Yustisi dalam memperketat pelaksanaan protokol kesehatan oleh tim gabungan dari TNI, Polri, dan Satpol-PP Kota Manado.

Kasatpol-PP Manado Yohanes Waworuntu mengatakan, angka warga yang terjaring perharinya selama sepekan sejak awal pelaksanaan operasi masih fluktuatif. Namun dia menilai angka yang ada masih terhitung wajar dan dimaklumi. “Operasi untuk pekan pertama dan kedua bisa tinggi, tapi hal itu wajar,” katanya.

Waworuntu berharap, grafik angka pelanggaran nantinya bisa hiperbol. Dari 0, 5, 10, 25, 50, 75, dan seterusnya, pada suatu titik puncak, kemudian akan berangsur menurun karena masing-masing warga sudah mulai sadar akan pentingnya protokol kesehatan.

Menurut dia, hingga saat ini pihaknya masih menerapkan pemberian sanksi sosial, sementara sanksi denda belum diterapkan. “Hal ini dengan memaklumi dan menyadari di era pandemi Covid-19 ini perekonomian sedang anjlok, degradasi, sehingga akan sangat menyulitkan warga bila sanksi yang dikenakan dalam bentuk denda,” sebutnya.

Meski demikian, katanya, penerapan sanksi denda bisa dilakukan ke depan. “Ke depannya tidak tertutup kemungkinan bila seorang warga melakukan pelanggaran berulang, dapat disanksi denda,” tegasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut mengimbau warga Kota Manado disiplin menerapkan protokoler kesehatan. Dengan menjaga jarak, menggunakan masker ketika keluar rumah dan selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun di air mengalir. “Mari gotong royong memutus mata rantai Covid-19 dengan disiplin menerapkan protokoler kesehatan,” pungkasnya. (ite)

-

Artikel Terbaru

Gantikan Situmorang, Moningkey Resmi  Pimpin Polres Minahasa

MANADOPOST.ID--Tongkat kepemimpinan Kepolisian Resort (Polres) Minahasa kembali berpindah. Berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor 979/V/2020 tanggal 1 Mei 2020 tentang pemberhentian

Minahasa Masih Aman dari La Nina

MANADOPOST.ID--Cuaca ekstrim terus menerpa wilayah Kabupaten Minahasa. Menurut BMKG, diketahui cuaca ekstrim tersebut terjadi akibat fenomena alam La Nina yang membuat

Relaksasi Pajak Ditolak, Hasrat Punya `Mobil` Murah Buyar

MANADOPOST.ID—Rencana penghapusan pajak mobil baru akibat dampak Coronavirus Disease (Covid-19), buyar. Sempat disambut baik oleh masyarakat Sulut karena berkesempatan membeli mobil murah, nyatanya rencana ini ditolak Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Sudah Empat Tenaga Kontrak `Dieksekusi`

MANADOPOST.ID—Pjs Wali Kota Bitung Drs Edison Humiang MSi kembali menunjukkan ketegasannya dengan memberhentikan dua tenaga kontrak yang terbukti tidak netral dalam Pilkada.

Angka Kehamilan Naik

MANADOPOST.ID—Terhitung sejak Januari sampai dengan September 2020, angka kehamilan di Kabupaten Sangihe mengalami peningkatan.