32 C
Manado
Jumat, 4 Desember 2020

Empat Fraksi Menolak Dilanjutkan, Pembahasan APBD-P 2020 Kota Manado Kandas

MANADOPOST.ID–Pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2020 kandas. Pasalnya  DPRD Kota Manado bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) menolak pembahasan APBD-P Tahun 2020  dilanjutkan.

Pembacaan keputusan penolakan disampaikan Ketua DPRD Aaltje Dondokambey, didampingi Wakil Ketua Noortje Van Bone dan Andrei Laikun, dihadapan anggota Badan Anggaran dan TAPD yang dihadiri langsung Sekretaris Kota (Sekkot) Mickler Lakat sebagai Ketua TAPD bersama jajarannya.

“DPRD Kota Manado memutuskan bahwa APBD-P kedaluwarsa. Jadi sudah tidak akan dibahas,” kata Aaltje sembari mengetuk palu.

Diketahui, ada empat fraksi di DPRD kota Manado yang menyatakan sikap menolak membahas APBD-P  2020. Yaitu fraksi PDI Perjuangan, Demokrat, Gerindra dan PAN. Sedangkan yang mendukung Fraksi NasDem dan Golkar.

Ketua Fraksi Golkar Sony Lela mengatakan, Partai Golkar memperjuangkan apa yang menjadi hak rakyat. “Golkar pro rakyat karena suara Golkar adalah Suara rakyat. Kami telah mengeluarkan surat berita acara mendukung pembahasan APBD-P demi kepentingan rakyat,” kata Lela.

Sementara itu, Anggota Banggar DPRD Jeane Laluyan menyebutkan, tidak dilanjutkan pembahasan APBD karena sudah kedaluwarsa. Kemudian data yang diminta anggota DPRD tentang realisasi dana Covid tidak dipenuhi, rincian pinjaman dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tidak diberikan.

“Soal gaji THL, Pala, rohaniwan tidak dibayar karena APBD-P tidak dibahas itu salah. Karena DPRD sudah menata anggaran pembayaran gaji Pala, THL, rohaniwan selama setahun. Seharusnya dana ini tidak bisa digeser untuk Covid, yang digeser seharusnya proyek fisik. Buktinya ada 50-an proyek fisik masih jalan,” ungkapnya.

Terpisah, Sekretaris Fraksi Nasdem dari Partai Perindo Robert Tambuwun mengatakan, dari enam fraksi di DPRD hanya dua fraksi yang setuju dilanjutkan dibahas yaitu Fraksi Nasdem dan Golkar. “Kami selaku wakil rakyat sudah berjuang untuk kepentingan rakyat banyak. Inilah lembaga politik, keputusan politik, di mana mayoritas fraksi sepakat tidak menindaklanjuti pembahasan,” pungkasnya. (ite)

-

Artikel Terbaru

Umat Muslim Manado: Terima Kasih Olly-Steven dan AA-RS

MANADOPOST.ID—Masih dalam rangkaian Maulid Nabi Muhammad SAW, relawan Bravo New pasangan calon (Paslon) Pilkada Sulut, Olly Dondokambey-Steven Kandouw

AA-RS Menang 39,1%

MANADOPOST.ID—Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado, Andrei Angouw-Richard Sualang (AA-RS) semakin percaya diri. AA-RS menuju kemenangan dalam Pilwako Manado, Rabu (9/12) pekan depan.

Indobarometer: PAHAM Unggul 39,5%

MANADOPOST.ID—Pasangan calon nomor urut 4 Prof Dr Julyeta PA Runtuwene MS dan Dr Harley AB Mangindaan SE MSM (PAHAM) unggul dengan elektabilitas 39,5 persen.

AQUA Japan Hadirkan Freezer Turbo Fan Series

MANADOPOST.ID—Di masa pandemi Covid-19, selain karena persoalan ekonomi, faktor banyaknya waktu luang saat di rumah sepertinya dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mulai berbisnis. Bisnis kuliner, menjadi salah satu bidang yang cukup banyak ditekuni.

Warga Tatelu Raya Domisili Manado Dukung AA-RS

MANADOPOST.ID—Dukungan terhadap  calon Wali Kota Andrei Angouw dan calon Wakil Wali Kota Manado dr Richard Sualang (AA-RS) terus mengalir. Kali ini datang dari warga Tatelu Raya yang berdomisili di Manado.