31.4 C
Manado
Rabu, 4 Agustus 2021
spot_img

Sendy Ngaku JKN-KIS Sangat Membantu Pengobatan di RS

MANADOPOST.ID– Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah memberikan manfaat bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Sendy (34) adalah salah satunya, pria yang berdomisili di Karombasan Kota Manado dan berprofesi sebagai pekerja pada salah satu tempat layanan kesehatan di Kota Manado ini mengaku bersyukur dan bangga menjadi bagian dari Program JKN-KIS.

Sendy merupakan peserta Program JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) yang pembayaran iuran JKN nya telah dikelola oleh perusahaan tempat dia bekerja. Walau pun bekerja di salah tempat layanan Kesehatan, Sendy sering mendengar dari beberapa orang bahwa jika seseorang sakit dan hanya menggunakan kartu JKN, sudah pasti akan mendapatkan pelayanan diskriminatif dari rumah sakit.

“Awalnya saya percaya dengan perkataan tersebut. Namun faktanya, pemikiran saya seketika berubah saat saya menggunakan kartu JKN sewaktu istri saya harus menjalani proses persalinan di rumah sakit, tidak ada diskriminatif,” ungkap Sendy.

Waktu itu sekitar tahun 2016, istri Sendy harus menjalani persalinan anak pertama mereka di salah satu rumah sakit di Kota Manado. Sendy menggunakan kartu JKN dalam setiap proses layanannya. Dia bersyukur semua pelayanan yang diterima istrinya bagus sehingga tidak terdapat kendala yang berarti.

“Syukur kartu JKN-KIS kami aktif, semua terlayani dengan baik, semua biaya ditanggung oleh JKN,” ujar Sendy.

Sendy menambahkan, prosedur pelayanan peserta serta kelengkapan sarana prasarana yang dia rasakan selama memanfaatkan program ini sudah baik. Namun dy tetap mengingatkan agar peserta harus aktif dan inisiatif ketika memanfatkan kartu JKN.

“Peserta juga harus pintar dan punya kesadaran untuk menanyakan apabila ada yang dirasa kurang memuaskan dalam pelayanan. Saya pernah dikatakan kamar penuh. Lalu saya langsung bertanya ke petugas BPJS Kesehatan di rumah sakit yang kemudian melakukan pengecekan soal ruangan. Jadi kita sebagai peserta harus bijak,” tutup Sendy. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru