27C
Manado
Jumat, 23 April 2021

Sampah Capai 350 Ton Setiap Hari

MANADOPOST.ID–Sampah di Kota Manado menjadi masalah tidak pernah selesai setiap tahun. Dari data yang ada, produksi sampah rumah tangga, pelaku usaha maupun pasar mencapai 350 ton atau 350.000 Kg setiap hari.

Jika dibagi dengan penduduk Kota Manado 475.557 jiwa, maka satu orang menyumbangkan 0,7 Kg sampah setiap hari.

Pengamat Lingkungan Noldy Lumentah mengatakan, Dinas Kebersihan Kota Manado harus diaktifkan kembali supaya penanganan sampah bisa maksimal.

“Karena sekarang kebersihan hanya menjadi bidang di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sehingga untuk penganggarannya kecil,” ungkap dosen Ilmu Budaya Unsrat tersebut.

Menurut dia, kalau kebersihan menjadi dinas sendiri, maka anggaran untuk penanganan sampah bisa terpenuhi. “Misalnya untuk sarana dan prasarana kebersihan seperti truk sampah, motor sampah, alat berat dan petugas kebersihan,” sebutnya.

Karena dari pengamat di lapangan, banyak sampah yang tidak terangkat di kecamatan, kecamatan dikarenakan truk sampah yang kurang dan di TPA sampah menumpuk karena alat berat rusak.

“Jika kebersihan menjadi dinas sendiri maka masalah tersebut bisa cepat terselesaikan. Kami berharap wali kota yang terpilih dapat menyelesaikan persoalan sampah di Kota Manado,” harapnya. Diketahui, produksi pasca banjir meningkat menjadi 10 kali lipat. (ite)

Artikel Terbaru