alexametrics
33.4 C
Manado
Jumat, 24 September 2021
spot_img

Bosan Makan Kurma Saat Berbuka, Lima Buah Ini Bisa Jadi Pilihan

MANADOPOST.ID — Umat muslim yang melaksanakan ibadah puasa, biasanya saat berbuka puasa mencari buah kurma. Tapi bagaimana kalau buah khas Timur Tengah itu terasa bosan di lidah.
Untuk mengatasinya, buah-buah ini bisa menggantikan kurma. Bukan hanya karena manis, tapi nutrisi dan vitaminnya sama dengan buah kurma dan baik untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa.
Berikut adalah buah-buahan pengganti kurma yang bisa dijadikan menu untuk berbuka puasa.

*Semangka

Semangka adalah buah lain yang cocok untuk dijadikan makanan pembuka puasa selain kurma. Rasanya yang segar dan manis dapat membuatmu kembali bertenaga setelah seharian beraktivitas selama berpuasa. Selain rasanya yang segar dan nikmat, semangka memiliki kandungan air yang tinggi dan dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.
Tidak hanya mengandung air, semangka juga memiliki berbagai kandungan vitamin. Di antaranya adalah vitamin A, B1, B6, dan C. Semangka juga memiliki kandungan likopen yang merupakan antioksidan dan baik untuk kesehatan tubuh.

*Pepaya

Selain manis, pepaya juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Di dalam pepaya terkandung berbagai macam vitamin dan serat, sehingga baik untuk melancarkan pencernaan dan membersihkan usus dari berbagai macam kuman penyakit. Bonusnya, pepaya juga dapat mencegah kulit kusam. Oleh karena itu, buah satu ini cocok sekali untuk dijadikan sebagai makanan pembuka pengganti kurma ketika berpuasa.

*Pisang

Seitelah berpuasa seharian, energi terkuras karena berbagai macam aktivitas. Untuk mengembalikan energi yang telah habis, sebaiknya berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan glikogen. Sebab, makanan dengan kadar glikogen tinggi dapat membantu memulihkan energi dengan lebih cepat. Salah satu buah-buahan yang mengandung kadar glikogen tinggi adalah pisang.
Pisang bisa menjadi salah satu pengganti kurma yang baik untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. Selain rasanya yang manis, pisang juga mengandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, dan C. Namun, jangan lupa untuk mengonsumsi pisang secukupnya ketika berbuka puasa. Sebab, terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kadar glikogen tinggi dapat membuat kadar gula darah dalam tubuh mengalami lonjakan yang tinggi.

*Alpukat

Selain kaya akan serat, alpukat juga dapat membantu menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh. Berbagai vitamin, seperti vitamin A, B, K, D, dan E juga terkandung dalam buah satu ini, sehingga jika mengonsumsi buah ini dapat membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh dengan lebih baik. Berbuka puasa dengan alpukat dapat membuat perut lebih cepat, sehingga kamu bisa lebih mengontrol diri ketika menyantap makanan utama berbuka puasa. Buah ini cocok sekali untuk dijadikan sebagai pengganti kurma ketika berbuka puasa.

*Blewah

Buah yang satu ini dikenal sebagai buah khas Ramadan. Buah yang bernama blewah ini sering digunakan sebagai makanan pembuka yang segar selama bulan Ramadan. Namun, siapa sangka kalau buah ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.
Di antaranya, buah ini mengandung kalium, vitamin A, B, dan C, serta serat. Selain itu, blewah juga baik untuk melancarkan pencernaan tubuh. Oleh karena itu, buah ini sangat baik untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. (mpid)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru