Kontak Erat Pelaku Perjalanan, Satu Warga Kecamatan Madidir Positif Covid-19

dr Jeaneste Watuna MMKes

MANADOPOST.ID- Satu lagi warga Kota Bitung dinyatakan terkonfirmasi positif oleh Satgas Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) dalam press conference (prescon) resmi, Selasa (2/6).

Saat dikonfirmasi Satgas Covid-19 Kota Bitung melalui Sekretaris dr Jeaneste Watuna MMKes membenarkan hal tersebut. “Sesuai info yang kami dapatkan pasien kasus 350 di Provinsi Sulut ini adalah seorang perempuan yang berusia 61 tahun asal Kecamatan Madidir,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung ini mengungkapkan, pasien tersebut merupakan kontak erat pelaku perjalanan dengan anaknya dari Kota Malang. “Pasien dirawat di RSUD Bitung sejak 21 Mei lalu dengan gejala sakit paru-paru dan sesak nafas,” ungkapnya.

Lanjutnya, Kontak Erat dengan pasien 07 di Kota Bitung ini akan segera dilacak oleh Dinkes, tentunya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Dengan bertambahnya Satu pasien Covid-19 maka jumlah total di Kota Bitung sebanyak tujuh kasus, lima sementara dirawat dan dua lainnya sudah dinyatakan sembuh,” bebernya.

Watuna menegaskan, dengan bertambahnya kasus terkonfirmasi positif di Kota Bitung, menjadi tanda awas bagi seluruh masyarakat, apalagi bagi mereka yang tidak memperhatikan protokol kesehatan dalam beraktifitas.

“Dengan kasus 07 ini pula diharapkan dapat membuka mata kita bahwa kemungkinan positif bagi pasien dalam pengawasan atau PDP sangat memungkinkan. Maka dari itu PDP harus ditangani berdasarkan protap Covid-19 baik dalam masa perawatan mapun jika meninggal dunia,” ungkapnya.

Watuna terus mengingatkan agar masyarakat dapat benar-benar patuh dengan protokol kesehatan yang sudah ditentukan. “Mari kita saling menjaga, lindungi diri dan lindungi orang lain melalui jaga jarak, pakai masker, rajin cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, jangan berkumpul dan di rumah saja,” pungkasnya.(van)