25C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

Pekan Depan, Satlantas Polres Bitung Uji Coba E-TLE

BITUNG, MANADOPOST.JAWAPOS.COM – Mulai pekan depan, Satuan Lantas Polres Bitung akan mulai uji coba tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE). Hal itu diungkapkan Kasat Lantas Polres Bitung AKP Awaludin Puhi SIK kepada Manado Post, Selasa (2/2) kemarin.

Menurutnya, untuk uji coba ini pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkot Bitung yang mengelola CCTV di kawasan tertib lalu lintas.

“Kita masih terkendala alat-alat E-TLE ini belum ada. Jadi sementara, kita akan manfaatkan CCTV yang dikelola Dinas Perhubungan. Kita sudah lakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan. Pekan depan kita akan uji coba,” ujarnya.

Lanjutnya, karena masih keterbatasan sarana dan prasarana, pihaknya akan mengolah data masih secara manual.

“Sifatnya manual. Kita akan capture (menangkap layar dari CCTV) nomor pelat. Data pelanggaran apa saja. Kemudian kita kirim ke rumah alamat pemilik kendaraan tersebut. Kita juga lampirkan bukit pelanggarannya,” jelasnya.

Selanjutnya, kata Kasat, pemilik kendaraan wajib melakukan konfirmasi ke Satlantas bagian tilang.

“Kalau tidak, maka BPKB akan dilakukan blokir sementara, sampai dia mengonfirmasi di bagian tilang,” terangnya.

Dia juga menjelaskan, tujuan penerapan E-TLE ini untuk transparansi berkeadilan sesuai amanat Kapolri.

“Untuk itu kita juga melakukan pra E-TLE. Dimana kita memaksimalkan menyelesaikan kendala yang dihadapi. Contohnya masih banyak kendaraan yang tidak punya pelat nomor di Bitung,” katanya.

Untuk itu, pihaknya gencar melakukan penindakan secara hunting untuk kendaraan yang tidak memiliki pelat nomor.

“Kami langi gencar-gencar hunting kendaraan yang tidak memiliki plat nomor. Karena jika tidak, nanti masyarakat tidak mau menggunakan pelat nomor untuk menghindari tilang,” jelasnya.

Selanjutnya, pihaknya juga sementara merampungkan sistem yang akan digunakan.

“Untuk personil juga akan kita latih. Kita akan memperbaiki data base. Termasuk di Samsat untuk balik nama kendaraan. Supaya semua kendaraan yang belum balik nama, wajib balik nama. Supaya E-TLE tepat sasaran,” pungkasnya. (can)

Artikel Terbaru