32C
Manado
Kamis, 15 April 2021

Ronny Boham: KLB untuk Penyelamatan Partai, Tidak Ada Lagi Mahar

BITUNG, MANADOPOST.JAWAPOS.COM – Hasil Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat (PD) yang diselenggarakan di Hotel The Hill Sibolangit, Deliserdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3), mendapat dukungan dari Ronny Boham.

Wakil Ketua DPC Demokrat Bitung ini, bahkan ikut hadir dalam pelaksanaan kongres tersebut.

Menurut mantan anggota DPRD Bitung ini, tujuan KLB untuk menyelamatkan partai berlambang bintang mercy tersebut.

Dia menjelaskan, dalam KLB itu sudah menetapkan (Purn) Moeldoko sebagai Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat.

“Penetapan ini disampaikan Jonny Allen Marbun yang menjadi Pimpinan Sidang KLB Partai Demokrat,” ujarnya kepada Manado Post.

Lanjutnya, KLB tersebut awalnya dibuka para pendiri PD. Kemudian menyerahkan pelaksanaan kongres kepada pimpinan sementara.

“Pimpinan sementara itu ada beberapa dari senior dan pendiri partai. Kemudian dibahas tentang jadwal acara, tata tertib, serta materinya,” katanya.

Selanjutnya, pemilihan pimpinan sidang definitif yang diketuai oleh Jonny Alle Marbu, Marzuki Alie, dan lain-lain.

“Dalam KLB ini juga menegaskan mekanisme proses kongres hingga terpilih AHY, cacat secara administrasi partai dan tidak sesuai mekanisme. Sehingga KLB memutuskan mendemisionerkan jajaran pengurus dalam kendali AHY. Kongres juga menghilangkan struktur Majelis Tinggi Partai,” jelasnya.

Yang menarik juga, dalam KLB ini ADRT partai direvisi. Yaitu diatur untuk menetapkan pimpinan dewan merupakan kewenangan di setiap tingkatan.

“Jadi untuk pimpinan dewan kabupaten/kota itu yang menentukan DPC. Untuk provinsi ditentukan DPD. Tidak lagi harus ke pusat,” paparnya.

Termasuk untuk penetapan calon di Pilkada, diprioritaskan kader dengan melihat hasil survei. “Juga tidak ada lagi mahar dalam mengeluarkan surat rekomendasi. Dan itu atas rekomendasi jajaran yang melaksanakan Pilkada,” katanya.

Tambahnya, KLB ini tidak ada keputusan memecat atau mengganti pengurus DPD dan DPC. Yang ada, KLB mengajak semua kader untuk mendukung hasil kongres tersebut.

“Karena KLB ini sekali lagi dalam rangka penyelamatan partai,” kuncinya. (can)

 

Artikel Terbaru