Doakan Segera Sembuh! Dua Tenaga Kesehatan di Bitung Positif Covid-19

dr Jeaneste Watuna MMKes

MANADOPOST.ID- Hari ini Pemerintah Provensi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) melalui Gugus Tugas Covid-19 merilis pasien terkonfirmasi positif di Kota Bitung bertambah dua orang, Sabtu (6/6).

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Bitung dr Jeaneste Watuna MMKes membenarkan hal tersebut. “Ya, sesuai data yang kami terima, hari ini Kota Bitung ketambahan dua pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bitung ini melanjutkan, pasien 436 dan 437 di Sulut tersebut merupakan tenaga kesehatan (nakes) di salah satu Rumah Sakit (RS) di Kota Bitung. “Keduanya berjenis kelamin perempuan. Pasien 436 berusia 61 tahun asal kecamatan Madidir dan pasien 437 berusia 26 tahun asal Kecamatan Lembeh Selatan,” bebernya.

Menurut Watuna, sesuai informasi yang didapat keduanya bukan kontak erat dari pasien positif dan bukan pula pelaku perjalanan. Namun mempunyai cukup peluang untuk terjangkit karena sering berhadapan langsung dengan para pasien. “Untuk itu, masyarakat juga dituntut harus jujur dengan gejala serta riwayat perjalanannya jika akan berobat di fasilitas kesehatan. Agar supaya hal-hal buruk nantinya bisa diantisipasi terlebih dahulu,” harapnya.

Watuna juga mengatakan dengan bertambahnya dua pasien positif hari ini, maka jumlah pasien yang terkonfirmasi positif di Kota Bitung saat ini sudah sebanyak sembilan orang. “Pasien 08 di Kota Bitung sementara dirawat di RS Siloam Manado dan pasien 09 sementara juga melakukan perawatan di RSUD Bitung,” bebernya pula.

Watuna berharap, dengan kejadian ini masyarakat harus lebih saling menopang, dan mendoakan, terutama bagi mereka yang sementara dirawat. “Jangan lupa terapkan protokol kesehatan, rajin cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, pakai masker, jaga jarak, jangan berkumpul dan di rumah saja,” pungkasnya.(van)