26.4 C
Manado
Sabtu, 24 Juli 2021

Kolam Renang Sagerat Bitung Senilai 8,3 Miliar Mubazir

MANADOPOST.ID – Kolam renang milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, yang dibangun 2018 dan 2019 dengan total anggaran sebesar Rp8,3 miliar, di Kelurahan Sagerat Weru II, Kecamatan Matuari, Kota Bitung, mubazir.

Data dari laman LPSE Kota Bitung, total Rp8,3 miliar itu, akumulasi dari dua paket pada tahun anggaran 2018. Yaitu paket pembangunan tribun kolam renang Rp2,4 miliar dan paket pembangunan kolam renang Rp4,4 miliar, serta tahun anggaran 2019, ditender lagi dengan nama paket kolam renang senilai Rp1,5 miliar.

Dari data tersebut, pemenang untuk paket tribun kolam renang adalah CV Reycon Perkasa, kemudian pemenang paket pembangunan kolam renang pada 2018 adalah PT Altraco Utama Nusantara. Sedangkan paket pekerjaan tahun 2019, dimenangkan oleh CV Bina Karya Mandiri.

Pantauan Manado Post di lokasi, bangunan tribun maupun kolam, tidak terawat. Air di kolam renang setinggi lutut orang dewasa, terlihat sangat kotor. Begitu juga dengan bangunan tribun, nampak hanya dikerjakan asal-asalan. Tidak selesai 100 persen karena, bagian plafon tidak dicat.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bitung Anita Lomban ketika dikonfirmasi menjelaskan, saat ini pihaknya sudah menyiapkan standar operasional prosedur (SOP) dalam mengoperasikan kolam renang tersebut, seperti ada batasan umur bagi yang akan menggunakan fasilitas tersebut.

“Begitu juga dengan petugas yang akan menjaga, termasuk peralatan penunjang dalam mengoperasikan kolam renang itu,” jelas Lomban. (tr-01/can)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru