25.4 C
Manado
Kamis, 17 Juni 2021
spot_img

Angka Covid-19 di Bitung Melonjak, Warga Diminta Waspada Virus Varian Baru

MANADOPOST.ID – Kasus Covid-19 di Bitung, Provinsi Sulawesi Utara, terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Dari data yang dihimpun Manado Post, Jumat (11/6) selang 13 hari terakhir ini, terjadi ketambahan 10 kasus baru Covid-19.

Tercatat per tanggal 28 Mei 2021 ada 1.236 kasus positif. Naik menjadi 1.246 kasus positif terhitung tanggal 10 Juni 2021.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Bitung, dr Pitter Lumingkewas, ketika dikonfirmasi Manado Post, membenarkan adanya penambahan 10 kasus tersebut.

“Data terakhir, total positif di Kota Bitung berjumlah 1.246 kasus,” ujar Lumingkewas, Jumat (11/6).

Lanjutnya, 10 kasus tersebut tersebar di empat kelurahan yaitu, di Kakenturan I lima kasus, Bitung Tengah tiga kasus, Girian Indah dua kasus, dan di Kelurahan Kumersot satu kasus.

“Untuk empat kelurahan tersebut saat ini zona kuning. Sementara 65 kelurahan zona hijau karena nihil kasus,” kuncinya.

Adanya penambahan kasus Covid-19 ini, dikhawatirkan pemerhati kesehatan, dr Sunny Rumawung. Menurutnya kondisi ini merupakan tanda bahaya, apalagi dengan adanya pelabuhan, Bitung rentan menjadi pintu masuk virus varian baru.

“Dinkes dan Satgas Covid 19 Kota Bitung kami minta agar lebih tingkatkan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat,” katanya.

Seperti Kakenturan lanjutnya, merupakan wilayah yang padat penduduk. “Dikhawatirkan terjadi penularan tiinggi makanya tracing dan testing harus dilakukan dengan segera di lokasi tersebut,” sarannya.

Masyarakat yang berdomisili di kelurahan zona kuning diimbau wajib untuk menggunakan masker jika akan beraktivitas dil luar rumah, dan kegiatan-kegiatan keramaian sebaiknya ditiadakan.

“Lurah, Pala dan RT di kelurahan tersebut juga harus rutin untuk turun ke lapangan dan lakukan pengawasan ataupun penindakan jika ada warga yang melanggar protokol kesehatan. Semoga saja zona kuning ini tidak naik ke zona oranye ataupun ke zona merah,” pungkasnya.(franky)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru