25 C
Manado
Kamis, 6 Mei 2021
spot_img

Perusahaan di Bitung Wajib Bayar Penuh THR dan Tepat Waktu

MANADOPOST.JAWAPOS.COM – Warning bagi perusahaan di Bitung jika tidak memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) keagamaan secara penuh dan tepat waktu. Pasalnya, jika tidak memberikan THR, perusahaan akan dikenai sanksi sesuai PP Nomor 36 Tahun 2021, Permenaker Nomor 6 Tahun 2016, SE Nomor M/6/HK.04/IV/2021.

“Sanksi jika terlambat membayar THR yaitu denda lima persen dari total THR yang harus dibayar,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Bitung Weenas Ch Nobel Luntungan SH MH, Kamis (15/4).

Lebih lanjut ditegaskan Luntungan, jika tidak membayar THR, perusahaan bisa dikenakan sanksi administratif, seperti teguran tertulis, pembatasan kegiatan usaha, penghentian sementara sebagian atau seluruh alat produksi dan pembekuan ijin usaha.

Adapun waktu pemberian THR menurut Luntungan, yaitu tujuh hari sebelum hari raya.

“Bagi perusahaan yang masih terdampak pandemi Covid-19 dan berakibat tidak mampu memberikan THR sesuai waktu yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan, perusahaan wajib melakukan dialog bersama pekerja dengan itikad baik untuk mencapai kesepakatan. Kemudian laporan keuangan internal perusahaan dua tahun terakhir secara transparan, dan kesepakatan antara pengusaha dan pekerja dibuat tertulis kemudian dilaporkan ke Disnaker. Paling lambat tujuh hari sebelum hari raya,” urainya.

Dengan langkah itu lanjutnya, tanpa menghilangkan kewajiban membayar THR, perusahaan boleh memberikan THR sampai satu hari sebelum hari raya.

“Untuk besaran THR, bagi pekerja yang mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih, diberikan sebesar satu bulan upah. Bagi pekerja yang mempunyai masa kerja satu bulan secara terus menerus tetapi kurang dari 12 bulan diberikan secara proporsional sesuai perhitungan. Bagi pekerja berdasarkan perjanjian kerja harian, yang telah bekerja selama 12 bulan atau lebih, upah satu bulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima dalam 12 bulan terakhir sebelum hari raya. Sedangkan untuk pekerja yang mempunyai masa kerja kurang dari 12 bulan. Upah satu bulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima tiap bulan selama masa kerja,” terangnya.

Luntungan juga menjelaskan, akan ada posko THR di Kantor Disnaker Bitung, mulai 30 April 2021, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Silakan sampaikan ke posko jika ada keluhan soal THR nanti akan difasilitasi Disnaker, karena regulasinya jelas, THR wajib diberikan perusahaan kepada karyawan,” kuncinya. (tr-21/can)

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru