alexametrics
25.4 C
Manado
Selasa, 21 September 2021
spot_img

869 Pelamar CPNS dan 362 P3K Bitung Disaring, Ini Penjelasan Kepala Badan Kepegawaian Soal Hasil

MANADOPOST.ID – Proses rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) dan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021 di Kota Bitung mulai bergulir. Sebanyak 869 pelamar CPNS dan 362 P3K mulai disaring untuk memperebutkan kuota formasi.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kota Bitung, Steven Suluh SSTP MSi menjelaskan, sistem dalam tes ini adalah Computer Assisted Test (CAT).

“CAT merupakan tes seleksi CPNS yang berbasis komputer. Pekan berjalan ini adalah tes kompetensi dasar untuk P3K. Sudah dimulai Senin sampai Jumat. Untuk CPNS mulai tes SKD pada 14 Oktober 2021,” jelas Suluh, Rabu (15/9).

Pembagian tes P3K itu, dilaksanakan untuk menghindari kerumunan di tengah pandemi Covid-19. Sehingga diatur 60 orang per hari dengan protokol kesehatan ketat. “Selain pelaksanaannya melalui protokol kesehatan ketat, seluruh peserta mesti sudah menjalani swab antigen terlebih dahulu, sebelum mengikuti tes,” tambahnya.

Untuk hasil tes P3K, menurut Suluh, langsung dikirim ke pusat sehingga panitia di daerah tidak tahu hasilnya.

“Hasil tes dari P3K ini langsung di kementerian, kami panitia di daerah tidak tahu. Karena P3K ini diurus langsung oleh pusat. Kami nanti mengetahui hasilnya nanti setelah ada keputusan dari pusat. Beda lagi dengan CPNS, itu dikelola oleh daerah,” tambahnya.

Tes ini, merupakan rangkaian tahapan setelah seleksi administrasi.

Lanjutnya, 2021 ini, Pemkot Bitung mendapatkan alokasi 402 formasi jabatan. Rinciannya, CPNS tenaga teknis 40 formasi, tenaga kesehatan 60 formasi dan penyandang disabilitas 3 formasi. Untuk P3K guru 299 formasi.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru