28 C
Manado
Minggu, 16 Mei 2021
spot_img

Residen Seniman di NCCL Dongkrak Level Berkesenian

MANADOPOST.JAWAPOS.COM – North Celebes Creative Lab (NCCL) terus menjadi motor penggerak kesenian, kebudayaan, pariwisata dan kreativitas anak muda. Bukan hanya di Bitung, tapi di Sulawesi Utara (Sulut) secara umum.

Program terbaru yang digagas owner NCCL, Satria Yanuar Akbar yaitu residen seniman di base camp North Celebes Creative Lab (NCCL).

“Ini baru tahun pertama. Untuk awal ada tiga seniman yang melakukan residen. Saya rencana tahun ini tiga kali bikin residen,” ujarnya kepada Manado Post, Kamis (18/3).

Menurutnya, tujuan residen ini pertama untuk membuka wawasan masing-masing seniman.

“Khusus di Sulut, kita ajari bagaimana manajemen seni itu. Bagaimana seni ini berperan bukan hanya untuk dirinya sendiri tapi juga sosial,” katanya.

Dengan residen seniman, dia ingin memberikan dampak positif ke generasi muda.

“Anak-anak yang datang ke sini ada dari SMA, kuliah, dan komunitas yang ingin menaikkan level berkesenian mereka. Nah itu yang kemudian kita olah bersama anak-anak (para seniman) ini,” terangnya.

Dalam upaya mendorong level berkesenian itu, NCCL juga kerap mengundang senior-senior seniman.

“Kadang kita undang senior-senior seperti Mener Reiner, Om Erik Dayoh, untuk ngobrol. Tapi diskusi yang non kampus. Kalo kampus kan kaku. Lebih ke sharing,” katanya.

Dia berharap, NCCL memberikan kontribusi untuk generasi muda di Bitung dan Sulut secara lebih luas.

“Kami coba koneksikan semua untuk saling terkontak. Dengan harapan kesenian dan kebudayaan itu lebih meningkat,” jelasnya. (can)

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru