25 C
Manado
Sabtu, 15 Mei 2021
spot_img

Herson Mayulu Buka Padat Karya KSOP Bitung Cs

MANADOPOST.JAWAPOS.COM – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) melalui unit pelaksana teknis (UPT) di Bitung, menggelar apel kesiapan kegiatan Padat Karya gelombang pertama di Terminal Penumpang Pelabuhan Samudera Bitung, Jumat (19/3).

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Laut (KSOP) Kelas II Bitung Mursidi SE ME mengatakan, Padat Karya merupakan program prioritas nasional tahun ini.

“Program ini merupakan arahan Bapak Presiden Joko Widodo untuk mendukung percepatan pengentasan kemiskinan bagi masyarakat, terlebih yang terdampak Covid-19,” ujarnya.

Lanjutnya, tujuan Padat Karya untuk menekan jumlah pengangguran dan masyarakat miskin serta memupuk rasa kebersamaan, gotong royong dan partisipasi masyarakat.

“Juga untuk meningkatkan kualitas pemberdayaan masyarakat, membangkitkan kegiatan sosial dan ekonomi, serta menciptakan lapangan pekerjaan melalui Padat Karya tunai,” katanya.

Kali ini, bentuk kegiatan Padat Karya berupa bersih-bersih laut dan pantai, perawatan dermaga, jalan pelabuhan, lapangan penumpukan, dan pemeliharaan gedung kantor.

“Biaya kegiatan padat karya menggunakan DIPA KSOP Kelas II Bitung, Kantor Distrik Navigasi Kelas I Bitung, dan Kantor Penjagaan Laut dan Pantai (PLP), serta sumbangan dari stakeholder di lingkungan pelabuhan Bitung,” paparnya.

Sementara itu, H Herson Mayulu SIP, Anggota Komisi V DPR RI yang membuka kegiatan tersebut meminta masyarakat memaklumi Padat Karya kali ini karena masih menggunakan dana DIPA.

“Jadi mohon dimaklumi karena masih sangat terbatas. Kemarin, kami rapat kerja dengan Menteri Perhubungan, kami minta anggaran Padat Karya ini dilebihkan, mengingat pandemi masih berjalan. Kenapa? Karena pandemi mempengaruhi semua sektor,” katanya.

Tambahnya, Presiden Jokowi mendorong program Padat Karya ini karena ingin mengurangi pengangguran.

“Selain mengurangi angka pengangguran, dampak program Padat Karya ini memberikan efek untuk kehidupan keluarga dan ekonomi masyarakat,” jelasnya. (can)

 

 

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru