29 C
Manado
Selasa, 20 Oktober 2020

Lobi Wali Kota MJL, Bitung Dapat 4,1 Miliar Program Sanitasi

MANADOPOST.ID-Berkat lobi Wali Kota Maximiliaan Jonas Lomban (MJL) Kota Bitung dapat program Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang senitasi sebanyak 4,1 miliar.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Bitung Hendri Sakul saat kegiatan peletakan batu pertama program DAK bidang sanitasi, di beberapa kelurahan, Selasa (22/9).

“Kita bersyukur karena upaya, perhatian hingga lobi Pak Wali Kota sehingga saat ini Kota Bitung mendapat program DAK bidang sanitasi yang kurang lebih ada sebanyak 4,1 miliar,” ujar Sakul.

Iya menjelaskan, program sanitasi saat ini untuk menjangkau 10 Kelurahan, berdasarkan daerah yang dianggap rawan. Nanti tahun depan akan diupayakan agar semakin banyak Kelurahan yang mendapatkan.

“Penerima program ini ada dua kategori, secara individual atau mandiri dan komunal yang terdiri dari 5 sampai 10 rumah. Ada 7 kelurahan untuk penerima individual dan 3 kelurahan untuk komunal,” bebernya.

Wali Kota MJL mengatakan, program ini perlu diperjuangkan, karena selaras dengan salah satu program 5 bersih di Kota Bitung, yakni bersih di bawa tanah. Maka dari itu perhatian lebih melalui turun langsung perlu dilakukan.

“Di Kota Bitung masih ada kurang lebih 40 persen masyarakat yang bersandar pada air sumur. Untuk itu kita memerlukan sanitasi yang sangat baik agar masyarakat bisa terhindar dari berbagai penyakit,” ungkapnya.

MJL mengingatkan, bahwa target tahun 2024 sanitasi di Kota Bitung sudah harus baik. Untuk itu dirinya mengajak kepada masyarakat agar program sanitasi melalui pembuatan septic tank ini dibuat berhasil, supaya tahun depan masih terus dipercayakan oleh pusat.

“Di tengah pandemi seperti sekarang ini, saya sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat karena masih diberikan bantuan seperti ini,” pungkasnya.(van)

-

Artikel Terbaru

Gantikan Situmorang, Moningkey Resmi  Pimpin Polres Minahasa

MANADOPOST.ID--Tongkat kepemimpinan Kepolisian Resort (Polres) Minahasa kembali berpindah. Berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor 979/V/2020 tanggal 1 Mei 2020 tentang pemberhentian

Minahasa Masih Aman dari La Nina

MANADOPOST.ID--Cuaca ekstrim terus menerpa wilayah Kabupaten Minahasa. Menurut BMKG, diketahui cuaca ekstrim tersebut terjadi akibat fenomena alam La Nina yang membuat

Relaksasi Pajak Ditolak, Hasrat Punya `Mobil` Murah Buyar

MANADOPOST.ID—Rencana penghapusan pajak mobil baru akibat dampak Coronavirus Disease (Covid-19), buyar. Sempat disambut baik oleh masyarakat Sulut karena berkesempatan membeli mobil murah, nyatanya rencana ini ditolak Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Sudah Empat Tenaga Kontrak `Dieksekusi`

MANADOPOST.ID—Pjs Wali Kota Bitung Drs Edison Humiang MSi kembali menunjukkan ketegasannya dengan memberhentikan dua tenaga kontrak yang terbukti tidak netral dalam Pilkada.

Angka Kehamilan Naik

MANADOPOST.ID—Terhitung sejak Januari sampai dengan September 2020, angka kehamilan di Kabupaten Sangihe mengalami peningkatan.