33 C
Manado
Minggu, 16 Mei 2021
spot_img

Jawab Tantangan Zaman dan Ketidakpastian Pelayanan, Maurits-Hengky Bawa Bitung Go Digital

MANADOPOST.ID – Perkembangan teknologi yang begitu pesat, membuat Pemerintah Kota Bitung, dibawa komando Maurits Mantiri dan Hengky Honandar terus berbenah mengikuti perkembangan zaman.

Bahkan saat ini, Pemkot Bitung tengah menyiapkan berbagai infrastruktur penunjang, untuk membuat Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara, menjadi kota digital.

Seperti yang terpantau Senin (26/4) Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri, resmi melaunching program 1000 titik wifi yang diharapkan dapat menunjang Bitung digitalisasi di Bitung.

“Harapannya, 1000 titik wifi ini akan menciptakan juga 1000 komunitas belajar, yang dapat meningkatkan SDM kita, sebab dari data saat ini, 50 persen penduduk Bitung, berijazah SMP, sehingga 1000 kelompok belajar ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, wali kota digital itu mengatakan pihaknya juga akan membuka kerjasama dengan universitas, serta lembaga pendidikan seluas-luasnya, dengan tujuan mendorong literasi digital pada masyarakat.

“Selain itu, kami juga memastikan kota digital ini, akan menjawab berbagai persoalan utama yang ada dimasyarakat, terutama menyangkut pelayanan publik seperti ketidakpastian dan diskriminasi,” ujarnya.

Sebab tambah dia, kedepan masyarakat bisa langsung mengadukan jika terjadi praktek diskriminasi dan ketidakpastian dalam layanan publik.

Selain itu tambahnya dengan Bitung menjadi kota digital, tentu akan membuka peluang usaha baik disektor pariwisata maupun UMKM, karena usaha yang ada di Bitung dapat dipasarkan melalui internet dan dapat menjangkau pasar lokal maupun internasional

Meski begitu, MM menegaskan pemanfaatan 1000 titik wifi di Bitung diharapkan dapat digunakan sebaik mungkin untuk hal positif.

“Karena jika digunakan untuk kegiatan mubazir seperti main game dan lainnya tentu dapat kita ketahui sebab telkom dapat melacak pemanfaatannya sehingga bisa dievaluasi,” tandasnya. (tr-01)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru