22 C
Manado
Selasa, 27 Oktober 2020

Pemkot Gandeng KPK Awasi Dana Covid-19

MANADOPOST.ID- Untuk mengawasi agar dana Covid-19 di Kota Bitung berjalan sesuai aturan dan tepat sasaran, Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung menggandeng Polres, Kejari, BPKP, BPK, hingga KPK.

Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban mengatakan, untuk pengunaan anggaran Covid-19 ini harus digunakan serba hati-hati sesuai dengan aturan yang berlaku, agar supaya setiap kebijakan yang diambil dapat tepat sasaran. “Untuk penganggaran terkait pencegahan serta penanganan Covid-19 di Kota Bitung sudah kami laporkan, baik di tingkat provinsi hingga ke pusat,” ujarnya di Lobi Kantor Wali Kota Bitung, Selasa (28/4).

Lanjutnya, berdasarkan dengan refocusing dan realokasi untuk total anggaran Covid-19 di Kota Bitung sebanyak 81 miliar. “81 miliar ini sudah mencakup banyak hal, artinya ada anggaran-anggaran yang memang sudah tertata pada APBD Induk tahun 2020 digabungkan bersama alokasi anggaran Covid-19 ini, seperti Jamkesda, dana Kelurahan dan lain-lain,” jelasnya.

Lomban mengatakan pula, untuk anggaran pencegahan serta penanganan penyebaran Covid-19 ini wajib hukumnya didampingi oleh pihak Polres dan kejaksaan dari perencanaan, pelaksaan hingga evaluasi. “Untuk pengawasan anggaran Covid-19 dilakukan berlapis, tidak hanya Dewan, namun Polres, Kejari, BPKP, BPK hingga KPK turut bersama-sama dalam mengawal dana bencana ini,” bebernya.

Lomban juga mengajak agar supaya masyarakat dapat turut ambil bagian dalam pengawasan dana Covid-19 ini. “Di masa seperti ini berpikiran positif perlu kita tingkatkan, agar supaya kita tetap sehat dan dilindungi oleh Tuhan dan jangan lupa untuk saling untuk saling suport serta saling mendoakan agar wabah ini dapat segera dilalukan,” ujarnya.

Menurutnya, hal yang paling mendesak untuk diperhatikan saat ini, yaitu terkait kedisiplinan dan kepatuhan kita terhadap protokol Covid-19 yang sudah diterapkan oleh pemerintah. “Kesehatan dan keselamatan kita semua ada pada diri masing-masing. Jika tetap tinggal di rumah, pakai masker jika penting untuk keluar rumah, rajin cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, jaga jarak, dan tidak kumpul-kumpul maka tentu kita akan aman,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Bitung AKBP FX Winardi Prabowo SIK mengatakan, pihak kepolisian sesuai perintah Kapolri wajib untuk mengawasi anggaran Covid-19 terutama terkait bantuan sosial, baik dari pemerintah pusat hingga ke pemerintah daerah. “Tugas kami ikut mengawasi agar semua dapat berjalan dengan baik sesuai tentu dengan aturan yang berlaku,” katanya.

Prabowo melanjutkan, untuk mengawasi terkait Covid-19 ini sudah kami lakukan melalui tim yang ada. “Kami sudah bekerja hingga ke tingkat Polsek, untuk mengecek berapa jumlah data dan berapa yang sudah diserahkan, begitu juga terkait kualitas dan kiantitas, apakah isinya sudah sesuai dengan yang direncanakan atau tidak,“ pungkasnya.(van)

-

Artikel Terbaru

Silangen Dilantik, MJP Tantang Tetap Kritis pada Pemprov

Ketua DPRD Provinsi Sulut dr Fransiscus Andi Silangen sah dilantik, kemarin. Banyak ucapan dan harapan mengalir dari rekan sekerjanya di DPRD Sulut. Salah satunya dari personel Komisi IV DPRD Sulut Melky J Pangemanan (MJP).

Taati Protokol Kesehatan saat Berlibur, Clay: Harus Disiplin dan Peduli

Akhir pekan ini, bakal ada libur nasional dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad, 28-30 Oktober. Momen liburan panjang seperti ini biasanya dimanfaatkan untuk liburan. Mengingat pandemic Covid-19 belum berlalu, Pjs Bupati Clay JH Dondokambey SSTP MAP pun meminta masyarakat Minahasa Utara yang hendak berlibur, agar menerapkan protokol kesehatan secara disiplin supaya tidak terjadi kenaikan kasus Covid-19.

Warga Bitung Siap Bawa Kemenangan untuk VAP-HR

Dukungan untuk calon gubernur dan wakil gubernur Sulut, Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP) dan Dr Hendry Runtuwene STh (HR), terus mengalir. Warga dari segala penjuru Sulut tak henti menyatakan dukungan untuk paslon nomor urut dua yang diusung partai NasDem ini. Seperti terpantau Senin (26/10), saat VAP-HR menggelar kampanye terbatas di sejumlah lokasi di Bitung, antusias warga tak terbendung meski kegiatan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.

Keke Minahasa Lolos Pantukhir Seleksi WARA Tingkat Sulut

Mariska Onibala, berhasil lolos kegiatan penentuan terakhir (pantukhir) seleksi Penerimaan Bintara PK (WARA) Wanita Angkatan Udara Gelombang II TA 2020, di Balai Prajurit Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi, Manado, Sulut, Senin (26/10).

Nostalgia di Persekolahan Advent Unklab, Clay: Saya Jualan Roti

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Minut Clay June Dondokambey SSTP MAP, Senin (26/10) diundang ke talkshow Unklab Adventist Laboratory School. Kepala Biro Umum Pemprov Sulut ini pun diajak bernostalgia di Persekolahan Advent Unklab.