28.4 C
Manado
Sabtu, 24 Juli 2021

Ini Upaya Bagian Umum Bitung Dorong Peningkatan PAD di Tengah Pandemi

MANADOPOST.ID – Anjloknya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bagian Umum di Sekretariat Daerah Kota Bitung, tengah menjadi perhatian serius Pemkot Bitung.

Sebab dari hasil evaluasi capaian PAD sebelumnya Bagian Umum, menjadi satu-satunya OPD yang hingga saat ini belum memiliki penghasilan.

Saat diwawancarai Manado Post Senin (28/6) Kabag Umum Theo Rorong mengatakan, anjloknya PAD Bagian Umum memang tak lepas dari hantaman pandemi Covid-19 yang terus terjadi secara berjilid-jilid.

“Karena sejak gelombang pertama Covid-19 yang terjadi tahun kemarin, segala kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan dihentikan, dan ini jelas sangat berpengaruh pada pendapatan,” ujarnya.

Sebab tambah dia pendapatan utama Bagian Umum dalam menunjang PAD hanya dari pengelolaan TKB, Gedung SH Sarundajang dan penyewaan kursi.

“Nah penyewaannya bergantung dari kegiatan yang dilaksanakan, sementara hingga saat ini berbagai kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan masih dibatasi, sehingga kita tak bisa mendapatkan penghasilan dari penyewaan TKB, Gedung SH Sarundajang maupun kursi,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Rorong, pihaknya tengah menyiapkan berbagai program untuk menggarap aset daerah potensial, salah satunya mengkomersilkan videotron yang saat ini ada di dua titik, yakni di perempatan samping Kantor Wali Kota Bitung dan serta di samping Patung Cakalang di Ruas Jalan Sam Ratulangi.

“Tapi tetap kita memang memerlukan kajian lebih dalam mengkomersilkan videotron tersebut, sebab disitu juga berpotensi selain mendatangkan retribusi di Bagian Umum serta pajak reklame di Bapenda,” tandasnya. (don/can)

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru