27C
Manado
Rabu, 14 April 2021

Saksi Ahli Pertegas Keterlibatan APIP Penting

MANADOPOST.JAWAPOS.COM – Sidang Praperadilan dengan termohon Kejari Bitung dan pemohon kuasa hukum tersangka AGT kembali digelar di Pengadilan Negeri Bitung, Senin (29/3).

Kuasa hukum AGT, Michael Jacobus SH MH mengatakan, dalam sidang tersebut dari keterangan saksi ahli menegaskan keterlibatan APIP penting.

“Saksi ahli pertama mengatakan keterlibatan APIP Itu penting. Artinya supaya tidak ada persoalan administrasi yang dikriminalisasi. Ahli menegaskan yang diberikan atribusi adalah APIP, untuk melakukan pengawasan, bukan langsung ke kejaksaan,” ujarnya.

Lanjut Jacobus, ahli kedua menjelaskan penyelidikan itu adalah serangkaian tindakan penyelidik untuk membuat terang sebuah peristiwa pidana. Dan apa yang diamanatkan undang-undang dan PP untuk berkoordinasi dengan APIP adalah sebuah syarat formal yang harus diikuti.

“Wajib supaya membuat terang proses ini. Jadi seharusnya hakim dapat menilai ini. Ketika ada prosedur dalam penyelidikan ada catat hukum, maka penetapan tersangka cacat hukum. Karena penetapan tersangka adalah produk dari penyelidikan dan penyidikan,” katanya.

Yang menarik, lanjutnya, justru pihaknya mendapatkan informasi penting dari ahli termohon.

“Tadi kita gali. Ahli mereka mengatakan kalau uang sudah ditransfer ke penyedia jasa bukan lagi uang negara lagi. Sepanjang administrasi sudah diikuti betul,” paparnya.

Selain itu, menurutnya, ahli dari termohon juga mengatakan dengan tegas kalau kepala dinas melakukan pengadaan secara langsung itu administrasi.

“Kasus ini juga tidak ada bukti kerugian negara. Kalau ada, mana audit investigasi? Audit forensik untuk membuktikan kerugian negara mana?Tidak ada. Maka ini administrasi bukan pidana. Kami dari awal mengatakan, jangan kriminalisasi perkara administrasi,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bitung Frenkie Son SH MM MH mengatakan, semua saksi sudah memberikan keterangan sesuai dengan keahlian mereka.

“Poin khusus tidak ada. Tetapi dari ahli yang kita ajukan telah menyampaikan sesuai dengan keahliannya. Prinsipnya sesuai dengan apa yang kita tuduhkan, “ katanya.

Dia juga meyakini sudah memiliki dua alat bukti yang cukup.

“Kami sudah punya dua alat bukti minimal. Para saksi yang kita hadirkan tadi, kemudian bukti surat berita acara pemeriksaan. Itu alat bukti kita,” pungkasnya. (can)

 

Artikel Terbaru