31.4 C
Manado
Rabu, 4 Agustus 2021
spot_img

Pasar Senilai 3,6 Miliar Diresmikan Wamen Sambuaga, Minsel Kans Terima Lagi Bantuan Kemendag

MANADOPOST.ID — Pemkab Minsel terus berupaya melakukan pengembangan wilayah dengan prinsip pembangunan berkelanjutan. Salah satunya dibuktikan Bupati Franky Donny Wongkar (FDW) dan Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang (PYR). Kali ini, dibuktikan lewat peresmian Pasar Rakyat Berdikari Tumpaan, yang dihadiri serta diresmikan langsung Wakil Menteri (Wamen) Perdagangan Republik Indonesia (RI) Jerry Sambuaga.

Mewakili Bupati FDW, Wabup PYR dalam sambutannya mewakili Bupati Franky Wongkar, mengapresiasi Wamen Perdagangan RI Dr Jerry Sambuaga yang juga merupakan putra terbaik kebanggaan masyarakat Sulawesi Utara. “Melaui koordinasi dengan pemerintah pusat, dan bantuan juga arahan Wamen Perdagangan, serta kerjasama selama ini yang diberikan, Kabupaten Minahasa Selatan boleh membangun pasar rakyat Berdikari Tumpaan,” ungkap PYR.

Ditambahkannya, pembangunan pasar tersebut berdasarkan peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor 54 Tahun 2020 tentang penugasan Bupati/Walikota dalam rangka pelaksanaan kegiatan pembangunan dan atau revitalisasi sarana perdagangan. “Berupa pasar rakyat dan gudang nonsistem semi gudang yang didanai melalui Dana Tugas Pembantuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2020, dengan nilai kontrak sejumlah Rp.3,6 miliar. Pembangunan tersebut dilaksanakan selama 120 hari kalender, dengan luas bangunan 684 meter persegi, yang terdiri dari 96 unit lapak dan 10 unit kios. Untuk pengelolaan pasar Kabupaten Minahasa Selatan dilaksanakan Perusahaan Daerah (PD) Cita Waya Esa (CWE),” beber PYR, Rabu (30/6).

Dia mengharapkan, dengan beroperasinya pasar Berdikari Tumpaan tersebut akan meningkatkan pelayanan pasar yang lebih bersih, sehat, aman, segar dan nayaman. Serta memberikan akses yang lebih baik kepada masyarakat konsumen.

“Selain itu, keberadaan pasar ini juga akan membantu para petani dalam memasarkan hasil pertanian serta mendorong stabilitas harga pangan, sekaligus dapat dijadikan sebagai penggerak perekonomian daerah,” imbuh Wabup.

Terpisah, Wamen Perdagangan RI Jerry Sambuaga mengatakan, dibangunnya pasar tersebut merupakan bukti sinergitas antara pemerintah pusat dan kabupaten yang terjalin dengan baik. “Kami mengapresiasi hal tersebut. Kedepan terkait bantuan untuk Minsel, akan kami usahakan dan perjuangkan sesuai prosedur dan meknisme yang berlaku,” tukas Sambuaga yang kemudian melakukan peninjauan ke SRG Gudang Silo di Kapitu, Kecamatan Amurang Barat.(rgm)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru