25.9 C
Manado
Rabu, 28 Oktober 2020

Enam Pasar Belum Beroperasi

MANADOPOST.ID—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) sampai saat ini telah merampungkan 16 pasar dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Namun dari 16 pasar tersebut, baru 10 yang telah beroperasi.

Enam pasar lainnya tak beroperasi dikarenakan belum ditunjang sarana dan prasarana pendukung yang lengkap. Masih adanya 6 pasar yang belum beroperasi, dibenarkan Kepala Dinas Perdagangan Minsel Adry Sumuweng melalui Kepala Bidang Pasar Rita Maukar, saat dikonfirmasi wartawan koran ini.

“Pemkab Minsel melalui Dinas Perdagangan Minsel telah membangun sekitar 16 pasar dengan biaya anggaran berasal APBN berjalan. Hanya saja, baru 10 pasar yang sudah beroperasi. Tapi belum secara lengkap sarana pendukung. Ada 6 pasar baru yang dibangun belum bisa digunakan, lantaran belum didukung dengan sarana lainnya,” tuturnya.

Maukar juga menjelaskan, bahwa pihaknya sudah mengusulkan melalui APBD Perubahan 2020 untuk dianggarkan sejumlah sarana pendukung bisa dibangun di pasar-pasar baru.

“Tapi, apabila tidak disediakan melalui APBD Perubahan 2020, maka kita berharap aspirasi masyarakat tersebut dapat dianggarkan melalui APBD 2021 mendatang. Sebab, kunci pedagang dan masyarakat sejahtera, adalah keberadaan pasar lebih baik. Bagaimana tidak, warga dan pedagang malas datang atau berjualan karena keadaan pasar jelek,” ujarnya.

Oleh sebab itu, tambah Maukar pasar rakyat di Minsel perlu dilengkapi dengan berbagai sarana pendukung. Khususnya, pasar yang belum beroperasi.

“Seperti kita ketahui, di Minsel ada 10 pasar yang sudah jalan (beroperasi, red). Walau, sarana pendukung belum lengkap. Dan ada pula 6 pasar rakyat baru belum bisa beroperasi, karena belum ada akses jalan. Tidak ada lahan parkir dan sarana pendukung lainnya. Semoga, usulan diatas akan ditindaklanjuti melalui APBD 2021 mendatang,” kuncinya. (ewa/gel)

-

Artikel Terbaru

Warga Minut Kepulauan Antusias Sambut VAP

Calon gubernur dan wakil gubernur Sulut, Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP) dan Dr Hendry Runtuwene STh (HR), terus mendapat dukungan.

Samsung Home Appliances Hadirkan Solusi Hidup Sehat

MANADOPOST.ID—Samsung Electronics Indonesia hari ini resmi meluncurkan rangkaian Home Appliances terbaru untuk mendukung konsumen Indonesia yang kini melakukan sebagian besar kegiatan di rumah. Samsung Refrigerator Multidoor RF60 ciptakan kemudahan penyimpanan banyak bahan makanan dengan pengaturan suhu spesifik sesuai tipe makanan untuk menjaga kesegarannya.

Operasi Zebra di Minahasa Jaring Puluhan Pelanggar

MANADOPOST.ID--Senin (26/10) kemarin adalah hari pertama digelarnya Operasi Zebra Samrat 2020. Khusus untuk wilayah Polres Minahasa, puluhan personil terlibat dalam operasi tersebut.

80-an Pasangan Bulutangkis Ramaikan GOR Betania Teling

Pecinta bulutangkis Sulawesi Utara memang dahaga. Terbukti, 80-an pasangan ikut serta dalam iven bertitel Manado Post Open 2020.

Belum 17 Tahun Bisa Memilih, Begini Penjelasan KPU

MANADOPOST.ID--Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020, saat ini tengah memasuki pelaksanaan tahapan kampanye. Meski begitu, literasi dan edukasi, tentang data pemilih terus menjadi concern KPU Kota Tomohon.