27 C
Manado
Jumat, 27 November 2020

Onibala Didesak Isi Jabatan Kosong

MANADOPOST.ID—Pjs Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Meiki Onibala, kembali mendapatkan desakan. Namun desakan kali ini, datang dari beberapa mantan hukum tua (Kumtua) yang ada di Kabupaten Minsel.

Mereka mendatangi Kantor Bupati Minsel dan meminta Onibala melanjutkan pengisian jabatan kosong kumtua di beberapa desa. Pasalnya, beberapa pejabat kumtua terindikasi tidak netral. Bahkan ada beberapa penjabat diduga kuat menggunakan anggaran desa memenangkan pasangan calon (paslon) peserta Pilkada.

“Apa yang dilakukan Pak Onibala sangat tepat. Sebab memang banyak sudah menampakkan ketidaknetralan. Jadi sudah seharusnya ditindak dengan diganti. Makanya kami dukung,” sebut Meidy Motoling mantan Kumtua Motoling.

Meidy, minta sebaiknya semua pejabat Kumtua diganti demi netralitas dan tidak ada penyelewengan anggaran untuk pemenangan paslon tertentu.

“Aspirasi yang kita bawa ini adalah milik 80  persen mantan kumtua. Kita mendesak agar Pjs Bupati Minsel Meiki Onibala untuk menindak tegas bagi PNS yang menampakkan ketidaknetralan. Apalagi dengan sudah masuknya laporan-laporan pada bupati yang telah dilengkapi dengan data dan foto serta video. Pejabat Kumtua saat ini harus diperhatikan Pjs Bupati Minsel,” imbuhnya.

Ketika dikonfirmasi koran ini, Pjs Bupati Minsel Meiki Onibala mengungkapkan dirinya terus mengawasi semua jajaran baik dari tingkat desa sampai pejabat eselon II.

“Saya ingatkan, semua PNS untuk jaga netralitas dalam rangka Pilkada serentak, 9 Desember 2020 mendatang. Apabila ada laporan dan tidak mengindahkan, maka siap-siap diberi sanksi dan pasti diganti. Pasalnya, PNS yang tak netral bisa diganti karena sudah ada lampu hijau dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN),” imbuhnya.

Onibala meminta semua PNS khususnya penjabat kumtua serta kumtua definitif menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Kalau tidak netral, siap-siap diberi sanksi tegas atau langsung diganti saja. Kan sudah ada lampu hijau dari KASN. Kenapa harus takut diganti. Kalau kalian ingin kepala batu atau melawan, maka saya akan lebih keras lagi. Makanya netral-netral saja sesuai aturan,” kuncinya.(ewa/gel)

-

Artikel Terbaru

Terbaik Kedua, Rotty Raih Penghargaan PKN Tingkat II

MANADOPOST.ID– Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XVI tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN)

Gran Puri Siapkan Pesta Pergantian Tahun Berkesan

PENAWARAN spesial di malam tahun baru. Hotel Gran Puri Manado mempersembahkan Aloha Pool and Grill Party 2021.

538 Wasit Pemilu Dirapid test

MANADOPOST.ID—Menjamin kesehatan penyelenggara, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) gelar rapid tes massal. Bagi seluruh jajaran pengawas pemilihan di setiap tingkatan, Kamis (26/11) kemarin.

Distanak Kena Sorot, Pupuk di Minsel Langka

MANADOPOST.ID—Bulan November 2020 ini musim tanam bagi petani. Tapi saat ini kelangkaan pupuk terjadi. Membuat petani kesulitan mencari pupuk.

KPU Minsel Beber 15 Hal Baru di Pilkada

MANADOPOST.ID—Perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tak lama lagi selesai. Masyarakat pada 9 Desember nanti bakal