30C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

Bapemperda DPRD Sulut Sasar Dinsos Minsel

MANADOPOST.ID—Anggota DPRD Provinsi Sulut yang tergabung dalam Badan Pembentukan Rancangan Peraturan Daerah (Bapemperda) melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Dinas Sosial Minsel, Jumat (5/2).

Kunker tersebut terkait pembentukan rancangan peraturan daerah terkait Penyandang Disabilitas. Disampaikan Ketua Tim Winsulangi Salindeho, kunjungan tersebut mengenai tupoksi sebagai Banperda. Khusus tahun 2021 ini, salah satu ranperda inisiatif yang ditetapkan Disabilitas.

“Kita ingin ada payung hukum kepada kaum disabilitas supaya mereka bisa dilihat sebagaimana orang biasanya pada umumnya. Karena selama ini pandangan kita kepada kaum disabilitas sebagai orang yang perlu dibantu dan dikasihani. Jadi Ranperda ini kita mau memberikan perlakuan hak yang sama seperti orang biasa,” katanya saat diwawancarai.

Ditambahkannya, selain Dinsos, dinas terkait juga seperti pendidikan, pariwisata dan sebagainya harus mampu bersinergi khusus untuk kaum disabilitas.

“Kami harapkan kedepan harus setidaknya ada anggaran untuk bagaimana pemerintah daerah bisa memberikan fasilitas bagi kaum disabilitas ini,” pungkasnya.

Terpisah anggota DPRD Provinsi Sulut dapil Minsel-Mitra Boy Tumiwa mengharapkan Dinas Sosial Minsel harus memrogramkan yang lebih untuk kaum disabilitas.

“Dari data yang diberikan Dinsos, di Minsel ada 314 orang Disabilitas berdasarkan data per 31 Desember 2020. Ini cukup banyak dan saya harapkan Dinsos itu bukan hanya sekedar memberikan bantuan dan sebagainya. Tapi harus bisa ada upaya lebih dari Dinsos untuk membantu penyandang disabilitas untuk mereka bisa melakukan kegiatan lebih seperti kita orang normal.

Dinsos juga harus bisa mengidentifikasi masalah disabilitas, supaya bantuan yang disalurkan tepat sasaran dan tepat peruntukkan. Kedepan juga selain dinsos kita harap bisa ada sinergi dengan SKPD lainnya untuk memberikan hak yang sama kepada kaum disabilitas,” tukasnya.

Sementara itu, Kadis Sosial Minsel Sofie Sumampow mengapresiasi kunker Banperda DPRD Provinsi Sulut yang mau memberikan perhatian dan masukan bagi Dinsos Minsel.

“Kami berharap kunjungan ini boleh membawa dampak baik khususnya bagi penyandang disabilitas di Minsel. Kiranya setiap masukan kepada kami kedepannya bisa menjadi bahan bagi kami untuk memperbaiki agar kami dapat mengangkat lagi kaum disabilitas di Minsel,” tutupnya.(rgm/gel)

Artikel Terbaru