alexametrics
31.4 C
Manado
Senin, 27 September 2021
spot_img

Rekomendasi KASN Disiapkan, ASN tak Netral dalam Pengawasan

MANADOPOST.ID—Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tahun ini menjadi salah satu daerah yang menggelar kontestasi Pilkada. Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) terus mendapatkan perhatian.

Kali ini diungkapkan Ketua Bawaslu Minsel Eva Keintjem, melalui Komisioner Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran, Penyelesaian Sengketa dan Hubungan Masyarakat (HP3SHM), Franny Sengkey.

“Sesuai pasal 71 UU 10/2016 dan ancaman pidana pada pasal 188, diingatkan agar ASN, Hukumtua dan perangkat desa jangan terlibat dalam politik praktis agar supaya tidak tersangkut sanksi pidana. Kita menyiapkan rekomendasi ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terkait netralitas. Jadi memang jika terbukti ASN tidak netral, maka akan langsung ditindaklanjuti. Rekomendasi KASN juga akan langsung kita kirim,” tuturnya.

Menurut Sengkey, Bawaslu Minsel sebagai lembaga pengawas dalam pemilu, akan selalu berintegritas tinggi, jujur dan adil dan menjaga hak pilih rakyat. Mengawasi jalannya tahapan pikada agar dapat menghasilkan pikada yang berkualitas dan demokratis, jujur dan adil.

“Dalam tahapan pendaftaran, tim sudah turun dalam melakukan pengawasan. Setiap tahapan akan tetap kita kawal dan awasi. Jadi kita sangat berharap, ASN jangan ikut terlibat dalam kegiatan politik,” kuncinya.(ewa/gnr)

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru