27 C
Manado
Selasa, 20 Oktober 2020

Terkait Netralitas di Pilkada, Hasil Pemeriksaan 11 Pejabat Dikirim ke KASN

MANADOPOST.ID—Diduga tak netral, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Minahasa Selatan (Minsel) memperlihatkan giginya. Terdapat 11 pejabat di lingkup Pemkab Minsel diperiksa dan langsung direkomendasikan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta. Mereka direkomendasikan melanggar netralitas sesuai UU 5/2014.

Ketua Bawaslu Minsel Eva Keintjem saat dikonfirmasi tak menampik hal tersebut. Menurutnya keputusan rekomendasi melanggar netralitas diambil lewat hasil rapat pleno tiga komisioner. Hasilnya juga akan segera dibawa ke KASN di Jakarta.

“Kasus 11 pejabat yang kita periksa terkait netralitas merupakan hasil temuan dan juga laporan masyarakat. Setelah dilakukan pemeriksaan juga berdasarkan bukti-bukti yang kami peroleh, diputuskan dugaan melakukan pelanggaran netralitas. Hasil pleno akan kami teruskan ke KASN, karena kejadian sebelum penetapan pasangan calon. Bila sesudah ini, maka akan diikuti dengan Pidana Pilkada,” katanya.

Sementara itu Komisioner Bawaslu Minsel Franny Sengkey menyebutkan selain UU 5/2014, ke-11 pejabat melanggar Surat MenPAN RB nomor B/71/M.SM.00.00/2017 serta PP nomor 42 tahun 2004 tentang pembinaan jiwa korps dan kode etik Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Sesuai Surat KemenPAN terkait dengan penggunaan simbol tangan. Jadi Bawaslu tidak tebang pilih dalam memproses temuan dan laporan. Siapapun yang melakukan pelanggaran akan kita proses. Semoga saja dengan adanya putusan rekomendasi dapat menjadi contoh bagi PNS lain untuk tetap menjaga netralitas,” kuncinya. (ewa/gel)

-

Artikel Terbaru

Garda Terdepan, Pjs Bupati Apresiasi Kelompok Tani

Pjs Bupati Minut Clay Dondokambey SSTP MAP, mengapresiasi seluruh kelompok tani Minut yang telah berjuang dalam pembangunan pertanian.

Gantikan Situmorang, Moningkey Resmi  Pimpin Polres Minahasa

MANADOPOST.ID--Tongkat kepemimpinan Kepolisian Resort (Polres) Minahasa kembali berpindah. Berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor 979/V/2020 tanggal 1 Mei 2020 tentang pemberhentian

Minahasa Masih Aman dari La Nina

MANADOPOST.ID--Cuaca ekstrim terus menerpa wilayah Kabupaten Minahasa. Menurut BMKG, diketahui cuaca ekstrim tersebut terjadi akibat fenomena alam La Nina yang membuat

Relaksasi Pajak Ditolak, Hasrat Punya `Mobil` Murah Buyar

MANADOPOST.ID—Rencana penghapusan pajak mobil baru akibat dampak Coronavirus Disease (Covid-19), buyar. Sempat disambut baik oleh masyarakat Sulut karena berkesempatan membeli mobil murah, nyatanya rencana ini ditolak Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Sudah Empat Tenaga Kontrak `Dieksekusi`

MANADOPOST.ID—Pjs Wali Kota Bitung Drs Edison Humiang MSi kembali menunjukkan ketegasannya dengan memberhentikan dua tenaga kontrak yang terbukti tidak netral dalam Pilkada.