25 C
Manado
Selasa, 1 Desember 2020

Belasan Ribu Siswa Dapat Kuota Gratis

MANADOPOST.ID—Sebanyak 18.500 siswa di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) mendapatkan ‘suntikan’ bantuan kuota internet dari pemerintah pusat. Bantuan tersebut digelontorkan untuk mendukung proses belajar mengajar jarak jauh.

Senin (9/11) kemarin, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Minsel Fietber Raco membenarkan jumlah tersebut. Dirinya mengatakan, penyaluran bantuan kuota internet, pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Minsel telah tuntas dilakukan.

“Di Minsel jumlah SMP baik negeri dan swasta ada 83. Dan jumlah siswa SMP berkisar 8.500 orang yang mendapat bantuan subsidi internet bulan Oktober. Dan penyaluran bantuan kuota internet ini, saya pastikan sudah tuntas dilakukan,” imbuhnya.

Sementara itu untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) menurut Raco, penyaluran bantuan subsidi internet sementara berjalan.

“Ya kalau untuk total jumlah siswa yang mendapat bantuan itu, ada sekitar 18.500 orang. Itu terdiri dari SMP dan SD. Karena sesuai kewenangan Pemkab Minsel yakni hanya SD dan SMP. Untuk SD baik negeri dan swasta di Kabupaten Minsel ada 313 dan jumlah siswa ada sekitar 10.000 orang.

Jadi total yang terima bantuan dari SD dan SMP sekitar 18.500 siswa. Bantuan kuota internet yang diberikan sebesar 32 giga. Saya mengharapkan para siswa-siswi dapat memanfaatkannya dengan baik. Begitu pula dengan orangtua siswa supaya bisa mengawasi anaknya dalam menggunakan kuota itu secara baik,” ujarnya.

Raco juga mengungkapkan, sekolah-sekolah baik dari tingkat dasar dan menengah pertama harus tetap menganggarkan kuota internet.

“Dana itu bisa diambil dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Misalnya 20 persen dari dana BOS. Disdikpora Minsel itu, sementara mendata nomor-nomor siswa-siswi SD dan SMP yang layak menerima bantuan kuota internet dari pemerintah pusat. Namun yang menjadi kendala ada siswa yang kurang mampu tidak mempunyai handphone. Jadi sekolah tetap mengadakan program kunjung siswa,” katanya.

Sementara itu, Jemmy Elias, orang tua murid di Kecamatan Modoinding mengatakan, subsidi kuota internet tersebut tak selamanya tepat sasaran. Karena dia menilai masih banyak daerah khususnya di Minsel tidak punya jaringan internet.

“Pogram subsidi itu sangat bagus bagi anak yang tinggal di pusat kota. Tapi bagi siswa yang tinggal di daerah tidak ada internetnya, bagaimana? Kan selamanya tak tepat sasaran. Lantas apa yang akan dilakukan Pemerintah Pusat dan Pemkab Minsel? Apakah sudah memastikan bahwa proses belajar mengajar sampai ke tingkat desa berjalan lancar? Ini yang harus dibeber pemerintah,” tuturnya.

Jemmy juga mengatakan, pemerintah  harus memperhatikan siswa yang tak punya alat telepon selular untuk belajar jarak jauh.

“Kalau perlu ada subsidi pembelian handphone bagi siswa kurang mampu. Karena seperti saat ini Pemkab Minsel memastikan bahwa semua bantuan kuota internet telah tersalurkan untuk siswa dan siswi SMP. Dan sekarang siswa dan siswi SD sementara menerima. Apakah data penyaluran itu benar? Apakah 8.500 siswa dan siswi SMP itu semua memiliki handphone? Ini yang menjadi tanda tanya. Karena pasti ada 1 atau 2 orang yang tidak memiliki handphone. Jadi kalau bisa kasih juga dengan subsidi bantuan handphone,” tutupnya. (ewa/gel)

-

Artikel Terbaru

Mor-HJP Kantongi 126.124 Suara Kans Menang

Pasangan Calon Wali Kota Manado Mor Dominus Bastiaan dan Wakil Wali Kota Manado Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP) kans menang di Pilwako Manado, 9 Desember.

Tetap Sapa Warga Walau Hujan, SGR Banjir Pujian

Calon Bupati Minut Shintia Gelly Rumumpe (SGR), Senin (30/11) menyapa masyarakat yang ada di Kecamatan Likupang Timur. Hujan tak menghalangi SGR bertemu warga. Begitu juga warga yang rela hujan-hujanan demi bertatap muka dengan calon nomor urut 1 itu.

Ingin Bertemu VAP, Ribuan Warga Kotamobagu, Boltim dan Bolmong Turun ke Jalan

Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP), dinilai sosok yang paling pantas dan tepat memimpin Sulawesi Utara (Sulut).

Ini Nih Tips Hadapi Aquaplaning saat Hujan

MANADOPOST.ID—Daihatsu bersama GT Radial kembali selenggarakan acara bertajuk Ngobrol Asik dengan konsep talkshow yang edukatif dan dapat dinikmati oleh Sahabat Daihatsu di seluruh Indonesia. Kali ini, Daihatsu membahas seputar tips teknik berkendara dalam mengantisipasi berbagai kondisi, khususnya saat musim penghujan dan menghadapi kondisi Aquaplaning.

Humiang Lantik Ketua dan Pengurus Karang Taruna 

Pjs Wali Kota Bitung Drs Edison Humiang MSi, melantik pengurus Karang Taruna Bitung masa bakti 2020-2025 di Lantai 4 Kantor Wali Kota Bitung, Senin (30/11).