alexametrics
24.4 C
Manado
Selasa, 28 September 2021
spot_img

Dinkes Warning Kebersihan Daerah

MANADOPOST.ID—Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dalam kegiatan turun lapangan di beberapa sekolah, banyak mendapati bekas botol plastik air mineral yang dijadikan pot bunga sederhana.

Kreasi tersebut juga menjadi tempat berkembang biak jentik-jentik nyamuk. Hal ini dapat menjadi pemicu siswa sekolah bisa terserang penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Selain itu kondisi kebersihan di Kabupaten Minsel, juga mendapatkan sorotan Dinkes Minsel.

“Ada baiknya botol plastik tersebut pada bagian bawahnya dilubangi atau airnya rutin diganti setiap hari. Selain masalah ini, kita juga masih mendapati ada warga yang menaruh ban bekas mobil atau motor di atas genteng.

Bahkan kondisi kebersihan di Minsel, perlu untuk didorong lagi. Karena dengan lingkungan yang tidak bersih dan dengan adanya cuaca yang tidak menentu, dapat membuat nyamuk demam berdarah, dapat berkembang pesat,” ucap Kepala Dinkes Minsel Erwin Schouten melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Yunike Panambunan.

Dengan masih terjadinya hujan dengan intensitas sedang menurut Panambunan, maka tempat yang kurang diperhatikan manusia akan menjadi lahan subur tempat nyamuk berkembang.

“Ada baiknya ban bekas jangan lagi ditaruh di atas genteng. Warga juga harus memperhatikan alat dispenser minuman di rumah. Karena dispenser bisa menjadi tempat nyamuk bertelur. Kita harus menggalakan program 3M plus. Yakni menutup, mengubur dan mendaur ulang.

Serta plusnya memakai losyen anti nyamuk, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk seperti lavender dan serei. Fogging itu hanya akan membunuh nyamuk-nyamuk dewasa dan bukan membunuh jentik nyamuk. Malahan jentik nyamuk akan menjadi resisten dengan asap fogging,” kuncinya. (ewa/gel)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru