27C
Manado
Sabtu, 27 Februari 2021

UMKM Kembali Disuntik 2,4 Juta, Teknis Pendaftaran Tunggu Juknis

MANADOPOST.ID—Masyarakat Minsel yang memiliki usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tidak perlu khawatir usahanya gulung tikar di tengah pandemi Covid-19.

Pasalnya, pemerintah pusat kembali menganggarkan dana stimulan bagi UMKM. Disampaikan Kadis Koperasi dan UMKM Minsel Meidy Maindoka, pemerintah pusat melanjutkan program yang awalnya disebut BPUM.

“Di 2021 ini, program BPUM diubah menjadi program baru Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Pada dasarnya, program ini sama dengan BPUM. Setiap pelaku usaha mendapatkan suntikan stimulan dana sebesar 2,4 juta,” katanya saat dihubungi Manado Post, Kamis (14/1).

Diketahui juga, penerima BPUM di tahun 2020 lalu bisa mengajukan kembali untuk menerima dana stimulan dari program PEN ini.

“Karena ini program pemulihan ekonomi, jadi informasinya mereka yang sudah dapat BPUM tahun lalu bisa kembali mendaftarkan diri menerima PEN. Tapi teknisnya, kita masih menunggu juknis. Informasi akan turum awal Februari, jadi kalau sudah ada juknis baru disampaikan terkait teknis pendaftarannya,” jelas Maindoka.

Sementara, untuk pendaftar BPUM namun belum menerima, mantan Kepala Bapelitbang Minsel itu menerangkan, akan dirangkumkan Januari ini.

“Kalau ada pendaftar BPUM yang masih terkendala soal NIK dan nama penerima di Bank, kementerian lagi fokus tuntaskan ini. Yang pasti kalau sudah menerima notifikasi dari pihak bank penyalur, pasti akan terima, waktunya sampai di akhir Januari ini,” pungkasnya.(rgm/gel)

Artikel Terbaru

JG Siapkan Pergeseran Anggaran

Kapolda-Danrem Kunjungi Talaud