30C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

713 Nakes di Minsel Sudah Divaksin

MANADOPOST.ID—Setelah dilaunching beberapa pekan lalu, vaksinasi Covid-19 di Minsel telah tuntas untuk dua dosis. Vaksin Sinovac tersebut diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes) di Minsel.

Disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Minsel dr Erwin Schouten, sasaran vaksinasi Covid-19 bagi nakes Minsel sebanyak 1.191 orang. “Tapi sekali lagi, setelah dilakukan screening, hanya 713 nakes yang bisa. Yang lain jatuh diproses screening akibat faktor paling banyak adalah Hipertensi,” katanya saat diwawancarai usai proses vaksinasi di RSUD Amurang, Selasa (16/2).

Dia menambahkan, setelah dua dosis vaksin selesai diberikan, para nakes mendapatkan sertifikat.

“Nakes yang sudah divaksin, mendapatkan sertifikat dan kartu vaksinasi. Itu menjadi pegangan bagi nakes sebagai tanda mereka telah melaksanakan instruksi pusat dengan menerima Vaksin Sinovac,” tambahnya.

Terkait fungsi sertifikat dan kartu vaksin bagi nakes, dikatakan Schouten, belum ada aturan bagi nakes untuk bebas dari swab test maupun rapid antigen.

“Belum ada aturan yang mengatakan mereka yang sudah divaksin bebas tidak melakukan lagi swab atau rapid antigen,” tukasnya.

Terpisah, Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Djunaedy Watung mengungkapkan, sampai saat ini Minsel dari zona merah sudah turun menjadi zona oranye.

“Dengan total kasus positif Covid-19 sebanyak 574, yang sembuh 464 orang, sedangkan kasus aktif sisa 73 orang. Sementara dari 17 kecamatan, kita masih punya 9 kecamatan yang zona merah berdasarkan penilaian kecamatan dan desa, tapi sampai saat ini terpantau masih ada penurunan. Kita harapkan sampai dua pekan kedepan Minsel akan turun ke zona kuning,” pungkas Watung.(rgm/gel)

Artikel Terbaru