29.9 C
Manado
Jumat, 7 Mei 2021
spot_img

10 Desa Siap Gunakan Dana Desa

MANADOPOST.ID—Penyelenggaraan pembangunan di desa segera berjalan. Hal itu ditandai dengan dilaunchingnya penyaluran dana desa (Dandes) tahap pertama tahun 2021.

Sekira 10 desa menjadi perwakilan kegiatan ini. Mereka telah merangkumkan laporan pertanggung jawaban dan administrasi yang menjadi syarat pencairan Dandes. Bupati Minsel Franky Donny Wongkar (FDW) dan Wakil Bupati Petra Yani Rembang (PYR) berkesempatan melaunching secara simbolis, dengan menyerahkannya kepada 10 desa.

Dalam sambutannya, Bupati FDW berharap dengan dilaunchingnya dandes tahap pertama dapat segera dimanfaatkan hukum tua melaksanakan pembangunan di desa.

“10 desa yang sudah menerima dandes ini diharapkan segera action melakukan pembangunan di desa. Gunakan sesuai dengan apa yang menjadi prioritas kegiatan, mengacu pada apa yang terprogramkan dalam APBDes,” katanya di Aula Waleta Kantor Bupati, Rabu (17/3).

Bupati juga mengatakan, dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020, di tengah Pandemi Covid-19 menjadi prioritas Dandes juga adalah untuk pemulihan ekonomi nasional.

“Prioritas penggunaan dana desa tahun 2021, tetap mengutamakan kesehatan masyarakat desa, serta perbaikan kondisi ekonomi desa akibat pandemi Covid-19. Untuk itu, pemerintah meminta agar prioritas penggunaannya juga diarahkan pada kegiatan padat karya tunai desa sebagai pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal. Kegiatannya juga harus bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah atau pendapatan, mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat,” tukas FDW.

Terpisah, Kadis PMD Hendrie Lumapow mengharapkan 157 desa lainnya yang masih dalam tahap perangkuman LPJ dan administrasi sekiranya segera dituntaskan. “Minggu depan saya tantang semua desa yang belum, segera tuntaskan dan evaluasi. Jadi saya harap 157 desa lain sudah bisa menggunakan dandes tahap pertama,” tukasnya.

Selain dandes, FDW-PYR juga melaunching Alokasi Dana Desa (ADD) dan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dandes tahun 2021. Turut hadir Kepala KPPN Manado I Wayan Juwena, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Frangky Tangkere dan Koordinator P3MD Provinsi Sulawesi Utara Murfi Kuhu.(rgm/gel)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru