26C
Manado
Senin, 1 Maret 2021

Minsel Punya Anak Penderita Gizi Buruk

MANADOPOST.ID—Menolong sesama yang sedang membutuhkan wajib dilakukan siapa saja. Apalagi para wakil rakyat yang ada di dalam gedung DPRD Kabupaten Minsel. Respon dan gerak cepat salah satunya ditunjukkan anggota DPRD Minsel Frangky Lelengboto.

Setelah mendapatkan informasi terkait warga Minsel yang menderita gizi buruk di Desa Matani Satu Lingkungan VII, Kecamatan Tumpaan. Warga tersebut diketahui bernama Nandito Rambi seorang anak usia sekolah yang sudah tak berdaya karena menderita gizi buruk selama dua bulan.

“Saat itu saya melihat postingan ibunya di FB, saya lihat adik Nandito sudah dalam keadaan sangat tidak berdaya, sehingga saya langsung mencari lokasi rumahnya dan memberikan bantuan pertolongan medis. Saya juga berharap, pemerintah di desa bisa lebih peka jikalau memiliki warganya yang perlu dibantu. Supaya tidak terjadi lebih parah lagi baru nanti diberikan pertolongan,” katanya, Kamis (18/2).

Hal yang sama dilakukan anggota DPRD Provinsi Sulut Sandra Rondonuwu. Saron, sapaan akrabnya dengan cepat langsung berkoordinasi dengan jajaran Organisasi Perlindungan Perempuan dan Anak di tingkat kabupaten agar secepatnya menghubungi dinas terkait.

“Saya tentu bersyukur ada pengawasan langsung dari media dan teman-teman pemerhati sosial kemasyarakatan agar secepatnya langsung memberikan ruang bagi keluarga lebih khusus anak ini yang sudah sangat tidak berdaya. Ini juga harus ada penanganan cepat dari Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Dinas PPA di Minsel. Semua harus berkolaborasi mengupayakan dan memperhatikan anak ini,” ujar Saron.

Terpisah, salah satu aktivis Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Loula Kawengian Assa mengaku sedih melihat anak usia sekolah harus menghadapi Gizi Buruk.

“Saya dengar keluarga ibu Martha Rambi sangat memprihatinkan karena menjadi seorang single parent di mana harus membesarkan 4 orang anak sendirian dan berjuang dalam mempertahankan hidup. Maka ini harusnya menjadi perhatian baik pemerintah desa sampai kabupaten. Keluarga yang seperti ini sangat wajib dibantu pemerintah,” tukasnya.

Sementara informasi terbaru, berkat tindak lanjut para wakil rakyat, adik Nandito Rambi sudah bisa menerima perawatan intensif dari Dinas Kesehatan. Adik Nandito Rambi saat ini sudah dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Minsel untuk mendapatkan perawatan.(rgm/gel)

Artikel Terbaru