33 C
Manado
Minggu, 16 Mei 2021
spot_img

PMD `Galau` Soal Penyaluran BLT, Kans Ikut Jejak BST

MANADOPOST.ID—Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (Dandes) tetap disalurkan. Meski beredar informasi Bantuan Sosial Tunai (BST) dari APBN hanya disalurkan selama empat bulan.

Kadis PMD Minsel Hendrie Lumapow menuturkan, BLT dianggarkan selama setahun penuh oleh desa. “Untuk BLT memang tiap desa sudah menganggarkan setahun penuh. Kalau memang betul BST hanya diberlakukan 4 bulan, maka berdampak pada kecemburuan diantara keluarga penerima manfaat (KPM),” kata Lumapow, Jumat pekan lalu di ruang kerjanya.

Dia menambahkan, sampai saat Kementerian Desa belum mengeluarkan edaran agar BLT Dandes menyesuaikan dengan penyaluran BST.

“Jadi kalau ditanya apakah BLT juga nanti akan menyesuaikan dengan penyaluran BST, kita di Dinas PMD sampai saat ini belum ada edaran dari kementerian desa untuk itu,” tambahnya.

Meski begitu Lumapow memahami jika nantinya penyaluran BST hanya empat bulan dapat menyebabkan kecemburuan sosial antara penerima manfaat.

“Saya paham itu, dampaknya bisa akan muncul polemik di masyarakat nantinya. Kalau pribadi, besar harapan kalau betul BST hanya sampai 4 bulan, maka harus disinkronkan antara BST dan BLT.

Supaya dengan begitu bisa mengantisipasi supaya tidak ada kesenjangan atau kecemburuan sosial diantara keluarga penerima manfaat. Tapi selama belum ada edaran resmi untuk itu, kami dari PMD tetap melanjutkan penyaluran BLT selama setahun penuh karena di setiap desa sudah ditata untuk itu,” pungkas Lumapow.(Rangga/Angel)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru