32 C
Manado
Sabtu, 31 Oktober 2020

14 Kriteria BLT Dinilai Beratkan Masyarakat Penerima

MANADOPOST.ID–Dampak dari penerapan Social dan Physical Distancing, banyak masyarakat yang terdampak perihal pendapatan kerjanya. Bahkan banyak juga yang sampai kehilangan penghasilan karena dirumahkan.

Untuk itu, bantuan dari pemerintah menjadi satu-satunya harapan masyarakat untuk meringankan beban hidup. Namun temyata, ada juga bantuan pemerintah yang dianggap sangat tidak sesuai dan terkesan tidak pro rakyat.Salah satunya, bantuan pemerintah melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yaitu Dana Desa.

Spesifiknya, melalui pemberitahuan dari Kementerian desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi (Kemendes PDTT), telah melakukan perubahan peraturan menteri desa PDTT 11/2019 tentang prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2020, menjadi peraturan menteri desa PDTT 6/2020 tentang perubahan atas peraturan menteri desa PDTT 11/2019 tentang prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

Yang mengatur tentang penggunaan Dana Desa yaitu pencegahan dan penanganan Corona Virus Desease (Covid 19), padat karya tunai desa (PKTD) dan bantuan langsung tunai Dana Desa (BLT Dana Desa).

Berdasarkan surat pemberitahuan yang dikeluarkan kemendes PDTT salah satunya tentang BLT Dana Desa, dinilai masyarakat Minsel tak seiring dengan kriteria penerima manfaat BLT Dana Desa.

Diungkapkan Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Minsel Jerry Bokau, 14 poin kriteria yang dikeluarkan dinilai terlalu keliru buat masyarakat Minsel.

“Intinya, batasan kriteria penerima manfaat BLT Dana Desa hanya memberatkan masyarakat saja,” katanya. Dikatakannya lagi, dampak Covid 19 juga sangat dirasakan oleh kalangan masyarakat rawan miskin.

“Jika tidak dibantu, dipastikan masyarakat yang rawan miskin akan menjadi seperti apa yang ada dalam kriteria penerima manfaat BLT Dana Desa,” tegas Bokau.

Dia juga berharap, 14 kriteria tersebut dapat dikaji kembali oleh pemerintah. “Seharusnya dikaji kembali dan secepatnya bisa merevisi soal kriteria penerima manfaat BLT Dana Desa. Supaya bisa lebih tepat sasaran, karena jika 14 kriteria ini berlaku, maka di Minsel dipastikan hanya sedikit sekali yang akan dapat,” tukasnya.

Sementara itu, Dinas PMD Minsel melalui Kepala Dinas Hendrie Lumapow saat dimintai tanggapan mengungkapkan, sampai saat ini belum ada kebijakan Pemkab Minsel terkait hal tersebut. “Belum ada kebijakan Pemda terkait ini. Mengantisipasinya bisa juga solusinya ke Padat Karya Tunai,” singkatnya.(rgm/ewa)

-

Artikel Terbaru

Bendungan Kuwil Capai 75 Persen, Selesai Pertengahan 2021

MANADOPOST.ID—Salah satu bendungan yang bakal memberikan efek positif masyarakat Sulut khususnya Kota Manado selesai tahun depan.  Hal itu disampaikan Gubernur berstatus cuti Olly Dondokambey, kepada para pakar intelektual Sulut di Hotel Grand Puri Manado.

Wabup Sangihe: Olly-Steven Lanjutkan Periode Kedua

MANADOPOST.ID—Wakil Bupati Kepulauan Sangihe Helmud Hontong menyampaikan dukungan terbuka kepada pasangan Olly Dondokambey-Steven Kandouw pada Pilkada 9 Desember 2020.

Kawanua Prediksi Donald Trump Menang Lagi

MANADOPOST.ID—Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS), ikut mendapat perhatian warga Sulawesi Utara (Sulut), yang saat ini bermukim di negeri Paman Sam.

KPK Bisa Ambil Alih Kasus

MANADOPOST.ID—Kasus-kasus yang mandek di lingkungan Polri dan Kejaksaan bisa diambil alih oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia.

Joshua/Vincen Diunggulkan Sabet Juara

MANADOPOST.ID—Siapa berhak menyegel titel juara badminton Manado Post Open 2020? Malam ini, segera terjawab di GOR Betania, Teling Manado. Delapan pasangan kategori A dan B (lihat grafis), bakal bertanding habis-habisan merebut tiket final guna ke podium juara.