27 C
Manado
Jumat, 27 November 2020

Bahaya La Nina, SKPD Siaga Satu

MANADOPOST.ID—Dalam sepekan terakhir, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) masih mengalami cuaca ekstrem. Berupa hujan intensitas tinggi disertai angin kencang. Bahkan beberapa titik di Kabupaten Minsel mengalami bencana.

Pjs Bupati Minsel Meiki Onibala meminta warganya berhati-hati. Dan bisa mengantisipasi dampak La Nina. Mereka yang tinggal di daerah rawan terjadi bencana ekstra waspada. “Kami minta warga Minsel khususnya yang tinggal di daerah rawan bencana berhati-hati,” ungkapnya, Selasa (20/10) kemarin.

Onibala mewarning nelayan di Minsel tidak melaut serta mempertimbangkan risiko di laut. “Disarankan tidak memaksakan ke laut bila cuaca ekstrem. Tetap koordinasi dengan pelabuhan dan Dinas Kelautan untuk mengetahui ramalan cuaca,” ujarnya.

Onibala meminta dinas terkait seperti BPBD Minsel, Dinas Sosial, Satpol-PP dan Dinas PUPR tetap standby dalam cuaca ekstrem seperti ini.

“Semua harus tetap stand by. Persiapkan semua peralatan maupun bahan makanan darurat. Sekali lagi, semua harus siaga sesuai bidang masing-masing. Alat-alat berat milik Dinas PUPR harus siap siaga. Begitupula bantuan tanggap darurat Dinas Sosial. Jadi sekali lagi, tim yang bisa bergerak cepat dan tepat biar tidak ketinggalan,” tuturnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minsel Rudy Tumiwa mengatakan, La Nina memberikan dampak. Intensitas hujan tinggi dan angin kencang, terjadi longsor di empat lokasi di pemukiman Desa Pinapalangkow.

Kemudian pohon tumbang di ruas jalan nasional Worotican-Poopo atau di sekitar pertigaan masuk Desa Kumelembuai.

“Di ruas jalan nasional Kawangkoan-Worotican di dua titik ada pohon tumbang dan dua titik longsor. Antara Tumpaan-Pinamorongan-Wuwuk-Rumoong Atas. Tapi semua sudah diatasi, berkat koordinasi antara BPBD Minsel, BPJN wilayah 15 Satker Wilayah 1, Camat Amurang, Camat Tareran, Koramil Amurang, dan masyarakat setempat.

Untuk di Pinapalangkow sudah bekerja sama membantu penduduk yang terkena dampak yaitu Polres Minsel, BPBD Minsel dan masyarakat Pinapalangkow,” tuturnya.(ewa/gel)

-

Artikel Terbaru

Gran Puri Siapkan Pesta Pergantian Tahun Berkesan

PENAWARAN spesial di malam tahun baru. Hotel Gran Puri Manado mempersembahkan Aloha Pool and Grill Party 2021.

538 Wasit Pemilu Dirapid test

MANADOPOST.ID—Menjamin kesehatan penyelenggara, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) gelar rapid tes massal. Bagi seluruh jajaran pengawas pemilihan di setiap tingkatan, Kamis (26/11) kemarin.

Distanak Kena Sorot, Pupuk di Minsel Langka

MANADOPOST.ID—Bulan November 2020 ini musim tanam bagi petani. Tapi saat ini kelangkaan pupuk terjadi. Membuat petani kesulitan mencari pupuk.

KPU Minsel Beber 15 Hal Baru di Pilkada

MANADOPOST.ID—Perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tak lama lagi selesai. Masyarakat pada 9 Desember nanti bakal

ISPA `Serang` Warga Bolmong

MANADOPOST.ID--Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dr Erman Paputungan mengatakan, untuk penyakit yang paling banyak terjadi di Bolmong adalah Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).