25C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

Sampah Numpuk di Jembatan, Minsel Sangat Butuh TPA

MANADOPOST.ID—Masyarakat dan pelaku perjalanan di jalan Trans Sulawesi tampaknya tidak memiliki rasa bersalah. Ketika membuang sampah sembarangan. Pasalnya, terpantau tumpukan sampah berserakkan di jalan Trans Sulawesi tepatnya di Jembatan Riisan Desa Pakuweru, Kecamatan Tenga.

Tidak hanya masyarakat sekitar, lokasi tersebut diketahui telah bertahun-tahun menjadi tempat sampah sembarangan masyarakat juga kendaraan yang melintas. Ketika hendak melintasi jalur tersebut pun sudah seperti melewati TPA karena sampah menumpuk dan mencemari udara sekitar karena bau busuknya sangat menyegat.

Pemerhati Lingkungan Hidup dan Alam Thein Pakasi juga menyayangkan sikap acuh pemerintah desa dan kecamatan. “Padahal ini sangat memberika citra buruk, apalagi ini jalan trans sulawesi. Seharusnya pemerintah desa atau kecamatan bisa memberikan solusi dengan membersihkan tumpukkan sampah di lokasi tersebut,” katanya.

Dia menyoroti kesadaran masyarakat yang masih sering membuang sampah sembarangan. “Sangat disesalkan juga kurangnya kesadaran masyarakat sehingga membuang sampah di lokasi ini.

Bau busuk yang sudah mencemari udara serta sungai yang tercemar akibat tumpuhkan sampah ini. Kamk harapkan ada tindakan tegas dari pemerintah kabupaten supaya masyarakat tidak sembarangan seperti ini,” pungkasnya.

Diketahui juga, lokasi tersebut sudah dijadikan tempat pembuangan sampah oleh masyarakat bahkan sejak beberapa tahun terakhir. Sampai sekarang, tidak ada inisiatif pemerintah desa dan kecamatan dan seakan sudah dibiarkan seperti itu.(rgm/gel)

Artikel Terbaru