31 C
Manado
Selasa, 20 Oktober 2020

Polisi `Sikat` Pelanggar Protap Kesehatan

MANADOPOST.ID—Polres Minahasa Selatan (Minsel) akan menindak pelanggar protokol kesehatan pencegahan Covid-19 selama tahapan Pilkada 2020. Hal itu dipastikan Kapolres Minsel AKBP Norman Sitindaon.

Menurut kapolres, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan KPU, Bawaslu serta pasangan calon kepala daerah. “Semua pihak, baik penyelenggara, peserta maupun masyarakat pada umumnya, wajib mempedomani dan menerapkan protokol Kesehatan dalam setiap tahapan pilkada,” ujar Kapolres, Jumat (25/9).

Dia mengajak semua pihak sama-sama mengantisipasi penularan Covid-19 yang sangat rentan terjadi pada momen pilkada. “Kaitan dengan potensi berkumpulnya banyak orang serta pelanggaran protokol kesehatan, saya ingatkan jangan sampai pilkada ini menjadi klaster baru Covid-19,” ungkap Sitindaon.

Kapolres menyebut bahwa telah ada Maklumat Kapolri bernomor MAK/3/IX 2020, tanggal 21 September 2020 tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam pelaksanaan pemilihan tahun 2020.

“Maklumat Pak Kapolri ini agar menjadi atensi bagi kita semua untuk dipahami dan dilaksanakan. Dalam Maklumat ini ditekankan bahwa keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi. Pihak Kepolisan diberikan wewenang untuk dapat mengambil tindakan apabila terjadi pelanggaran protokol kesehatan,” jelasnya.

Menurutnya, sudah ada kesepakatan bersama yang ditandatangani oleh tiga petugas penghubung paslon. Surat pernyataan tersebut berisi empat sikap. Yaitu menerima dan melaksanakan keputusan KPU, tidak akan menggerakkan atau memobilisasi massa diluar dari jumlah yang sudah ditentukan oleh KPU.

“Juga tidak akan mengumpulkan massa pendukung secara berkerumun pada satu titik lokasi tanpa memperhatikan atau mentaati protokol kesehatan, serta bersedia dilakukan penertiban atau penindakan apabila saat melakukan kegiatan yang mengumpulkan massa pendukung, tidak memperhatikan mentaati protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19. Maklumat Kapolri kita sudah serahkan kepada semua petugas penghubung masing-masing calon,” kuncinya. (ewa/gel)

-

Artikel Terbaru

Demi Bolsel, Iskandar-Deddy Ubah Lawan Jadi Teman

MANADOPOST.ID—Pesta demokrasi lima tahunan di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) kian menarik saja. Sebab hampir dipastikan seluruh elemen masyarakat pesisir selatan BMR ini, mendukung

Gorango Community Menangkan OD-AA

MANADOPOST.ID—Calon Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) dan calon Wali Kota Manado Andrei Angouw (AA) menghadiri peresmian Rumah Relawan Gorango Community di Paal II Manado.

ODC Perkuat SB-RG di Boltim

MANADOPOST.ID—Kehadiran Olly Dondokambey Center (ODC) di bawah komando Ketum Ferry Wowor di Boltim, menambah kekuatan paslon Drs H Suhendro Boroma MSi-Drs Rusdi Gumalangit (SB-RG).

Money Politics Naik, Modus Sembako Uang Tunai

MANADOPOST.ID—Sejumlah pelanggaran diduga terjadi selama tahapan pilkada, yang saat ini sementara berlangsung di Sulawesi Utara (Sulut). Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut membeber, sudah ada aduan masuk dari 15 kabupaten/kota.

Dukung Olly-Steven, Sesepuh Golkar `Reuni` di SaVeRo

MANADOPOST.ID—Pemandangan menarik terlihat di Tondano, Senin (19/10) kemarin. Panji berwarna kuning terlihat menyatu dengan warna merah.