27C
Manado
Rabu, 27 Januari 2021

KPU Minsel Beber 15 Hal Baru di Pilkada

MANADOPOST.ID—Perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tak lama lagi selesai. Masyarakat pada 9 Desember nanti bakal menentukan pilihannya di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Oleh karena itu, masyarakat disosialisasikan terkait hal-hal baru yang ada di TPS. Kepada koran ini, Kamis (26/11) kemarin, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minsel Rommy Sambuaga menjelaskan ada 15 hal baru di TPS.

“Di masa pandemik Covid-19 hal terbaru pertama adalah dibatasinya jumlah pemilih, sehingga totalnya menjadi 500 pemilih untuk TPS. Hal kedua adalah pengaturan kedatangan pemilih ke TPS. Ketiga Diatur juga pemilih saat antri di luar dan dalam TPS untuk menjaga jarak/tidak berkerumun dan tidak bersalaman,” ungkapnya.

Kemudian hal baru lain menurut Sambuaga, adalah disediakannya tempat cuci tangan, pemilih yang datang ke TPS harus menggunakan masker dan tersedianya sarung tangan plastik di TPS untuk para pemilih.

“Hal baru lain adalah petugas TPS akan menggunakan pelindung wajah, menggunakan sarung tangan selama bertugas dan disediakan masker ganti. Juga petugas KPPS telah menjalani Rapid Test sebelum bertugas. Kemudian para pemilih juga diharuskan membawa alat tulis sendiri dan tersedianya tisu kering yang akan digunakan usai cuci tangan,” imbuhnya.

Sambuaga juga menjelaskan hal baru lain adalah, setiap pemilih yang akan masuk ke TPS akan dicek suhu tubuhnya, serta lingkungan TPS akan didesinfeksi.

“Kemudian hal baru selanjutnya adalah, setiap pemilih yang selesai mencoblos, tintanya akan di tetes, tidak lagi di celup. Terakhir ada bilik khusus yang disiapkan bagi pemilih bersuhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

Kita memastikan bahwa masyarakat yang akan datang ke TPS nantinya, aman. Karena itu saya mengajak masyarakat untuk datang di hari pemungutan suara Pilkada serentak yang rencananya akan dilaksanakan pada 9 Desember nanti,” kuncinya. (ewa/gel)

Artikel Terbaru

Golkar Copot JAK dari Ketua Harian

Pelaku Curat Ditembak Petugas

Lusa, KPU Hadapi Sidang MK