25C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

Februari, Nakes Minsel Disuntik Vaksin

MANADOPOST.ID—Program pemerintah pusat perihal vaksinasi Covid-19 telah disalurkan di seluruh Kabupaten dan Kota di Sulut. Di Kabupaten Minsel Vaksin Covid-19, akhirnya tiba di dengan mendapatkan pengawalan khusus dari aparat kepolisian dan TNI, Rabu (27/1).

Vaksin Covid-19 diantar langsung dan disimpan di Kantor Dinas Kesehatan Minsel. Dijaga ketat pihak keamanan. “Kita telah menerima Vaksin Sinovac dari Dinkes Provinsi Sulut dan saat ini kita simpan di tiga cool chain. Jumlahnya 2.400 untuk dua dosis. Kita Nakes 1200 akan disuntikan untuk dua dosis. Itu sudah dengan Forkopimda,” katanya saat diwawancarai Manado Post selepas menerima distribusi vaksin di kantor Dinkes Minsel.

Ditambahkannya, vaksinasi tersebut untuk kekebalan tubuh dan diberikan untuk yang memang benar-benar dalam keadaan sehat. Dibuktikan dengan skrining oleh petugas kesehatan sebelum penyuntikan Vaksin Sinovac.

“Jadi hanya yang sehat divaksin. Sedangkan tenaga kesehatan yang sudah pernah terpapar Covid-19 tidak. Penyuntikan dilakukan dua kali selang dua minggu,” tukasnya.

Terpisah Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Djunaedy Watung menyampaikan, sesuai petunjuk pemerintah provinsi, 1 Februari mulai vaksin.

“Tapi kita akan konsultasi dengan pimpinan. Kemungkinan launching tanggal 2 (Februari). Tahapannya, esok (hari ini, red) sampai lusa (Jumat, red) kita mulai distribusi ke puskesmas. Senin, 1 Februari persiapan dan Selasa 2 Februari mulai launching (pelaksanaan vaksin), diikuti oleh puskesmas di wilayah Minsel,” pungkas Watung.(rgm/gel)

Artikel Terbaru