25.9 C
Manado
Rabu, 28 Oktober 2020

Tujuh Kumtua Kembali Aktif

MANADOPOST.ID—Tujuh Hukum Tua (Kumtua) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) diaktifkam lagi. Ini resmi dilakukan di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Jumat (2/10) kemarin.

Wakil Bupati Joke Legi mengatakan, pengaktifan kembali berdasarkan hasil rekomendasi atas laporan pemeriksaan inspektorat terhadap kumtua yang telah selesai sehingga kembali diaktifkan lewat SK kepala kecamatan masing-masing.

“Jika merasa ada yang tidak sesuai, supaya langsung berkoordinasi dengan camat ataupun dinas terkait agar terhindar dari masalah yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Ia pun kembali mengingatkan kepada para kumtua agar jangan lagi tersandung dengan kesalahan yang sama. Perlu ada koordinasi, jika tidak mengetahui akan kebijakan yang harus diambil. Apalagi masalah administrasi.

“Jangan pakai pikiran sendiri. Harus ada koordinasi terkait kebijakan yang nantinya diambil. Laksanakan tugas dengan baik,” pungkas Legi

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Mitra Arnold Mokosolang menambahkan, belajar dari pengalaman, kalau yang namanya aturan jangan main-main.

“Jangan coba-coba melanggar aturan. Apalagi yang berkaitan dengan pengelolaan dana desa. Kami akan tegas mengawal sekaligus memeriksa. Kalau memang salah dan tidak sesuai aturan, tidak ada toleransi lagi,” tegas Mokosolang.

Lanjut dia, bukan cuma untuk tujuh hukum tua yang baru saja diaktifkan kembali, tapi ini berlaku untuk seluruh Kumtua yang ada di Mitra.

“Jangan main-main dengan aturan, dan ini jadi pelajaran. Kedepannya saya berharap, tidak ada lagi hukum tua yang dinonaktifkan hanya karena salah, berkaitan dengan pengambilan kebijakan-kebijakan maupun keputusan,” pungkas Arnold Mokosolang.

Diketahui, penyerahan SK pengaktifkan kembali langsung diberikan Wakil Bupati Mitra Joke Legi, di Kantor Dinas PMD Mitra, dan disaksikan langsung oleh Asisten 1 Pemkab Mitra Jani Rolos serta perwakilan Inspektorat Yakni Irban Agustin Tangian dan Kadis PMD Mitra Arnold Mokosolang.(ctr-03/gel)

-

Artikel Terbaru

Warga Minut Kepulauan Antusias Sambut VAP

Calon gubernur dan wakil gubernur Sulut, Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP) dan Dr Hendry Runtuwene STh (HR), terus mendapat dukungan.

Samsung Home Appliances Hadirkan Solusi Hidup Sehat

MANADOPOST.ID—Samsung Electronics Indonesia hari ini resmi meluncurkan rangkaian Home Appliances terbaru untuk mendukung konsumen Indonesia yang kini melakukan sebagian besar kegiatan di rumah. Samsung Refrigerator Multidoor RF60 ciptakan kemudahan penyimpanan banyak bahan makanan dengan pengaturan suhu spesifik sesuai tipe makanan untuk menjaga kesegarannya.

Operasi Zebra di Minahasa Jaring Puluhan Pelanggar

MANADOPOST.ID--Senin (26/10) kemarin adalah hari pertama digelarnya Operasi Zebra Samrat 2020. Khusus untuk wilayah Polres Minahasa, puluhan personil terlibat dalam operasi tersebut.

80-an Pasangan Bulutangkis Ramaikan GOR Betania Teling

Pecinta bulutangkis Sulawesi Utara memang dahaga. Terbukti, 80-an pasangan ikut serta dalam iven bertitel Manado Post Open 2020.

Belum 17 Tahun Bisa Memilih, Begini Penjelasan KPU

MANADOPOST.ID--Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020, saat ini tengah memasuki pelaksanaan tahapan kampanye. Meski begitu, literasi dan edukasi, tentang data pemilih terus menjadi concern KPU Kota Tomohon.