29.9 C
Manado
Jumat, 7 Mei 2021
spot_img

Minahasa Tenggara Raih WTP, David Lalandos Bilang Begini

MANADOPOST.ID—Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK-RI. Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dilakukan Senin (3/5) di kantor BPK RI Perwakilan Sulut oleh diserahkan oleh Ketua BPK RI Perwakilan Manado Karyadi, diterima langsung Bupati James Sumendap dan Wabup Jesaya Joke Legi, bersama Ketua DPRD Mitra Marty Ole. Ini menjadi WTP keenam yang dipersembahkan Sumendap bagi Minahasa Tenggara.

Penyerahan LHP atas laporan keuangan tahun anggaran 2020 ini, digelar di Gedung BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara. Kegiatan tersebut dihadiri Auditorat Utama Keuangan Negara VI Dr Dori Santosa.

Anggota IV BPK RI dalam sambutannya menyampaikan Pemeriksaan Keuangan tidak dimaksudkan untuk mengungkapkan adanya penyimpangan (fraud) dalam pengelolaan keuangan. Pemeriksaan Keuangan merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai “kewajaran” laporan keuangan. “Meski demikian, jika pemeriksa menemukan adanya penyimpangan, kecurangan atau pelanggaran terhadap ketentuan perundang-undangan, khususnya yang berdampak pada adanya potensi dan indikasi kerugian negara, maka hal ini harus diungkap dalam LHP,” urainya.

Di sisi lain, Sekkab Mitra David Lalandos mengatakan, opini WTP tersebut diraih karena kerja sama semua pihak. Terutama atas dorongan dan motivasi Bupati James Sumendap SH, serta stakeholder di Mitra. “Ini hasil memuaskan yang boleh kita terima berkat kerjasama semua pihak dan terutama motivasi serta dorongan Pak Bupati,” ujar Lalandos.

Pada organisasi perangkat daerah (OPD), Lalandos memberi apresiasi. Atas kerja keras membenahi laporan keuangan. “Kita Yakini opini WTP ini bisa diraih karena semua OPD dan jajaran ASN sangat proaktif saat proses pemeriksaan internal maupun dari BPK,” tambahnya.

Tak lupa dia berterimakasih pada mitra pemerintah yakni DPRD yang terus menjalankan fungsi pengawasan. Hadir dalam penyerahan LHP BPK ini Kepala BKD Mecky Tumimomor, Kabag Prokompim Novri Raco, serta sejumlah pejabat lain.(*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru