32C
Manado
Kamis, 15 April 2021

Mitra Mulai Sosialisasi UU Ormas

MANADOPOST.ID—Wakil Bupati Joke Legi membuka kegiatan sosialisasi Undang-Undang Nomor 17 tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), di salah satu resto di Desa Kuyanga Satu, Kecamatan Tombatu Timur.

Kegiatan ini digelar Pemerintah Kabupaten Daerah (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik bekerjasama dengan Kementerian Hukum dan Ham Sulawesi Utara (Sulut), dan dihadiri oleh sejumlah LSM pimpinan ormas di Mitra.

“Ormas sebagai mitra pemerintah sangat strategis dalam pembangunan yang ada di daerah. Keberadaan ormas menjadi kekuatan. Tidak mungkin pihak pemkab saja yang melakukan upaya pembangunan. Upaya ormas harus dioptimalkan sebaik-baiknya,” ungkap Legi.

Selain itu, ia menyebut Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Kanwil Sulut dan Pemkab Mitra telah menandatangani perjanjian kerja sama tentang perlindungan dan pemanfaatan kekayaan intelektual di bidang usaha mikro, kecil dan menengah.

“Dengan kerja sama Pemkab Mitra dengan Menkumham terkait perlindungan hak asasi dan pemanfaatan kekayaan intelektual di bidang usaha mikro kecil dan menengah, dapat memberikan dampak positif bagi daerah ini,” kata Wabup.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Mitra Phebe Punuindoong mengatakan, pihaknya menggelar sosialisasi UU No 17 tahun 2013 tentang ormas untuk memberikan pemahaman terkait UU tersebut kepada seluruh ormas di Mitra.

“Dengan sosialisasi ini ormas yang ada lebih tertib administrasi termasuk pada pendaftaran legalitas organisasi. Selain itu untuk penguatan dan penataan ormas yang ada demi pembangunan di daerah ini,” tukas Punuindoong.(ctr-05/gel)

Artikel Terbaru