32C
Manado
Kamis, 15 April 2021

100 M untuk Penguatan Ekonomi Masyarakat

MANADOPOST.ID—Anggaran Rp 100 miliar disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) untuk penguatan di sejumlah sektor ekonomi masyarakat di tahun 2021. Hal ini dikatakan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Mitra David Lalandos.

“Angka 100 miliar tersebut, adalah 25 persen dari total Dana Alokasi Umum (DAU) pada tahun anggaran 2021 yang jumlahnya mencapai 400 miliar. Kami menyesuaikan dengan Peraturan Menteri Keuangan nomor 17 tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran 2021 untuk mendukung penanganan pandemi,” katanya.

Lanjutnya, sejumlah instansi bakal mendapat kucuran dana tersebut. Yakni Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perdagangan, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan Dinas Ketahanan Pangan.

“Kami akan alokasi sesuai kebutuhan untuk besaran anggaran ini dengan melihat skala prioritas dan manfaat bagi masyarakat,” katanya.

Menurut David, dana alokasi yang ditransfer pemerintah pusat ke daerah mengalami pemotongan sebesar 8% atau Rp12 miliar untuk Kabupaten Mitra.

“Anggaran dari pemerintah pusat tersebut telah mengalami pengurangan menyesuaikan kondisi keuangan negara di tengah pandemi ini. Namun kita harus melakukan penyesuaian di sejumlah instansi dengan mengurangi sejumlah anggaran perjalanan dinas dan kegiatan yang belum dianggap penting,” jelas Lalandos.

Sementara itu, Ketua DPRD Mitra Marty Ole menyampaikan dukungan terhadap pengalokasian anggaran untuk penguatan ekonomi yang bersumber dari APBD 2021.

“Kami pastinya akan melakukan pengawasan terhadap penggunaan anggaran tersebut. Untuk itu, dengan adanya alokasi anggaran untuk penguatan ekonomi ini, masyarakat dapat lebih terbantu dalam meningkatkan ekonomi,” tukas Ole.(ctr-05/gel)

Artikel Terbaru