26C
Manado
Senin, 1 Maret 2021

Enam Pos Covid-19 di Ditutup

MANADOPOST.ID—Enam Pos Perbatasan di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) resmi ditutup atau tidak lagi difungsikan, Selasa (9/2) kemarin.

Dikatakan Ketua Satgas Covid-19 Mitra Jani Rolos, keputusan ini didasarkan adanya pencanangan Kampung Tangguh di Kabupaten Mitra yang memprioritaskan penanganan dan pencegahan Covid-19 dan berdasarkan analisa dan evaluasi dari Satgas Covid-19 Mitra terkait adanya peningkatan kasus oleh karena transmisi lokal dan melalui kegiatan tracing dan testing yang semakin masif.

“Dengan demikian tinggal dua pos perbatasan yang dibuka, yakni Gunung Potong dan Ratatotok. Selain itu kami tutup dan desa dan kelurahan kita aktifkan kembali,” ungkapnya.
Lanjutnya, desa dan kelurahan ditugaskan untuk membuat pos Covid-19 dan portal sesuai dengan kebutuhan di wilayah masing-masing.

“Satgas di desa dan kelurahan juga wajib mendata pelaku perjalanan yang keluar masuk dan dilaporkan ke Puskesmas,” jelasnya.

Salah satu tugas penting lainnya yang harus diperhatikan Satgas desa dan kelurahan, yakni memantau pelaksanaan isolasi mandiri bagi yang terkonfirmasi positif, kontak erat, dan warga yang hasil rapid reaktif.

“Penting sekali untuk memantau warga yang isolasi mandiri. Demikian juga dengan penerapan protokol kesehatan di masyarakat, di antaranya pemakaman COVID-19 sesuai protokol, penerapan ibadah, dan lainnya, merupakan tugas yang tak bisa diabaikan,” pungkas Rolos.

Sementara bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan, dirinya juga mengingatkan untuk selalu melakukan pengurusan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

“Pengurusan SIKM sudah mudah dan bisa secara online di website resmi, yakni http://sikm.mitra.kab.co.id. Namun hukum tua dan lurah juga diingatkan harus selektif dalam mengeluarkan SIKM,” tukasnya.(ctr-05/gel)

Artikel Terbaru