26.4 C
Manado
Sabtu, 24 Juli 2021

Minimalisir Kerumunan di Pasar, Begini Regulasi yang Disiapkan Pemkab Minahasa Tenggara

MANADOPOST.ID—Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro, berimbas pada aktivitas pasar rakyat di Minahasa Tenggara (Mitra). Sebelumnya dibuka setiap hari.

Kini hanya tiga kali seminggu. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) pun tengah mempersiapkan regulasi. Aktivitas dagangan sejenis ritel pun akan diberlakukan jam malam.

“Kami tengah mempersiapkan regulasi dalam bentuk surat edaran untuk aktivitas pasar. Rencananya akan dibuka tiap hari untuk mengurai kerumunan,” ungkap Sekretaris Kabupaten Mitra David Lalandos, Kamis (8/7).

Dia menjelaskan, dalam pengaturannya baik kehadiran pedagang maupun konsumen, tengah dimantapkan instansi teknis. “Sosialisasi maupun musyawarah dengan pedagang kemungkinan sudah selesai,” katanya.

Mengenai konsumen yang akan bertransaksi di pasar, pihaknya melakukan pembatasan usia. “Lansia, orang sakit, dan anak usia di luar vaksinasi dilarang. Nanti aturan ini juga akan dipampang di setiap pasar,” tukas Lalandos.

Selain itu dikatakannya, dalam regulasi dimaksud, sudah memuat aktivitas dagang ritel, warung, dan lainnya. “Pemberlakuan jam malam untuk dagang seperti ritel dan yang lainnya akan dituangkan dalam regulasi dimaksud. Pastinya ini ditujukan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 agar masyarakat terhindar dari paparan virus tersebut. Agar ini dapat diwaspadai bersama demi kesehatan masyarakat Mitra pada umumnya,” tandasnya.(tr-02/gel)

 

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru