26.4 C
Manado
Sabtu, 24 Juli 2021

Surat Vaksin ‘Tiket’ Terima Bansos

MANADOPOST.ID—Pemerintah Kabupaten Minahasa Temggara melalui Dinas Sosial memantau langsung penyaluran sembako bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM), di Kecamatan Posumaen, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

Kepala Dinas Sosial Franky Wowor menegaskan jika penerima tidak memiliki surat keterangan vaksin Covid-19 maka belum akan mendapatkan bantuan dari pemerintah.
Menurutnya, hal tersebut berdasarkan Peraturan Presiden nomor 14 tahun 2021 tentang pengadaan dan pelaksanaan vaksinasi. Selain itu, bagi warga masyarakat yang menolak divaksin Covid-19 akan dikenakan sanksi pidana.

Untuk itu, dirinya mewarning bagi e-Warung yang menjadi agen penyalur sembako penerima KPM, agar tidak memberikan bantuan sembako jika belum divaksin.
“Jadi dari Pemkab hanya berdasarkan dari Perpres, untuk itu warga penerima KPM harus menunjukkan surat keterangan vaksin,” kata Wowor.

Menurut dia, masyarakat penerima bansos yang memiliki penyakit bawaan harus menyertakan surat keterangan tidak bisa divaksin dikarenakan sakit.

“Khusus bagi warga masyarakat penerima Bansos dari pemerintah, saat dilakukan skrining oleh petugas vaksinasi harus menyertakan surat keterangan dari Dinkes Kabupaten Mitra bahwa yang bersangkutan dalam keadaan sakit,” tukasnya.

Mantan Kabag Humas ini pun menegaskan, jika kedapatan ada agen e-Warung yang coba-coba menyalurkan bantuan sembako pada warga yang belum divaksinasi, maka Dinsos akan mencabut izinnya.

Kadis menambahkan, ada peran aktif para hukum tua untuk mendata dengan benar warga penerima bantuan. “Saya minta agar hukum tua selektif mendata warga penerima KPM, serta memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait syarat untuk menerima bantuan sembako harus divaksin Covid-19,” harap Wowor.(tr-02/gel)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru