alexametrics
25.4 C
Manado
Selasa, 21 September 2021
spot_img

Ini Sosok James Sumendap, Sang Anak Petani, Kini Bupati Minahasa Tenggara Dua Periode

MANADOPOST.ID—Siapa tak kenal dengan sosok James Sumendap. Bupati Minahasa Tenggara dua periode. Berlatar belakang keluarga petani, James Sumendap  membangun karir politik tidak mudah.

Dalam kesempatan diskusi bersama Manado Post, Bung James sapaan akrabnya, mengungkapkan, kerja keras itu dibangun dengan komitmen dan memiliki jiwa petarung. Kerja keras membawanya menjadi orang nomor satu di Kabupaten Minahasa Tenggara saat ini.

Lelaki berdarah juang ‘merah banteng’ ini, merupakan suami legislator DPRD Sulut Djein Leonora Rende. James tidak berpuas diri atas semua capaian saat ini. “Saya terlahir dari keluar petani. Semua perjuangan yang membawa saya dan keluarga sampai saat ini, dilalui dengan penuh kesederhanaan. Kalau soal jabatan, ini adalah amanah rakyat dan saya besar bukan karena pujian melainkan perjuangan,” ungkap sosok yang sering disebut ‘Gladiator Mitra’ ini.

Ayah dari Sabrina Sarah Sumendap dan Peter Harry Daniel Sumendap ini melanjutkan, bagaimana ia berkarir dan terjun dalam dunia politik. Lelaki lulusan Fakultas Hukum UKIT Tomohon 1994 itu, memulai karirnya sebagai advokat (pengacara/penasehat hukum) tahun 1996. “Kalau karir politik sebelumnya sudah saya bangun. Nanti periode 2004-2009, 2009-2014  saya dipercayakan masyarakat menjadi Anggota DPRD Provinsi Sulut Dapil Kabupaten Mitra-Minsel dan menjabat sekretaris komisi bidang pembangunan saat itu,” jelas Sumendap.

Bupati Mitra ini juga aktivis dalam pergerakan pada masa kuliah. Terlibat langsung dalam segala bentuk organisasi kemahasiswaan. Diantaranya Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan menjabat ketua koordinator daerah GMNI Sulawesi Utara -Gorontalo 1999-2003. Sampai saat ini memegang jabatan Ketua Persatuan Alumni GMNI Sulut.

Tidak berhenti di situ, dengan pemikiran Progresif Revolusioner, Sumendap menjabat Forum Solidaritas Petani Cengkih. “Saya ingat kala itu di masa Bung Sinyo Sarundajang gubernur, kami memberikan kontribusi atas stabilnya harga dan kenaikan harga cengkih,” ungkapnya.

Karir politiknya naik ketika dipercayakan PDI Perjuangan  sebagai calon Bupati Minahasa Tenggara tahun 2013. “Saya akhirnya dipercayakan masyarakat Minahasa Tenggara menjabat sebagai bupati terpilih yang diusung PDI Perjuangan. Dengan kesempatan yang sama, saya dipercayakan menjabat bupati dua periode,” ucap ketua DPC PDI Perjuangan Minahasa Tenggara ini.

Di masa dua periode kepemimpinan James Sumendap, bukan sedikit prestasi dan pembangunan yang diabdikan bagi Kabupaten Minahasa Tenggara. Tak hentinya Ketua IMI Sulut mengucapkan terima kasih kepada semua jajaran pemerintah dan masyarakat. “Pembangunan dan abdi saya sesungguhnya untuk masyarakat dan kemajuan Kabupaten Minahasa Tenggara. Saya ucapkan terima kasih kepada semua jajaran pemerintah dan masyarakat, saya akan melaksanakan tugas dan tanggung jawab demi kesejahteraan masyarakat Minahasa Tenggara,” tandasnya.(mario/gel)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru