31 C
Manado
Selasa, 14 Juli 2020

Alfamart-Indomaret Wajib Jual Produk Lokal

MANADOPOST.ID–Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) siap mengkoordinir Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk menjual produk yang bisa diterima di pasaran, melalui ritel nasional yang sudah beroperasi, yakni Alfamart dan Indomaret.

Dikatakan Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Mitra, Gotlieb Mamahit, ini merupakan salah satu syarat perijinan pembukaan dua ritel nasional tersebut, yakni wajib menjual produk lokal.

“Kami siap mengkoordinir, namun produk yang akan dijual minimal berlebel dan sudah memiliki lisensi dari kesehatan sehingga dinas teknis juga akan memberikan rekomendasi bahwa itu layak di pasarkan,” ungkap Gotlieb Mamahit.

Lanjut dikatakannya, hal ini sudah dibahas pihaknya dengan instansi terkait lainnya, bersama perwakilan kedua ritel modern yang saat ini sudah beroperasi.

“Kami sudah bahas bersama pihak Indomaret dan Alfamart terkait seperti apa pola penjualan dan produk mana yang dianggap layak dijual di masyarakat. Semua ritel sudah siap menjualnya, namun ritel nasional ini by sistem, jadi akan dilihat produk mana yang layak dijual,” ujar Gotlieb Mamahit.

Selain itu, pihaknya juga sudah menyampaikan beberapa produk yang bisa dijual, antara lain VCO (Virgin Coconut Oil). “Nanti kami juga akan turun wawancara ke pelaku usaha apa mereka siap dengan hal ini agar semua jelas,” tutupnya.(gers)

-

Artikel Terbaru

Terkait Penyaluran Bansos, Kumtua Tantang Warga Lapor Polisi

MANADOPOST.ID--Gencarnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa dalam mensosialisasikan penyaluran bantuan sosial dimasa pandemi Covid-19, baik Bantuan Lansung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) maupun Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial ke Masyarakat ternyata berbanding terbalik yang dilakukan Pemerintah Desa Koha Timur Kecamatan Mandolang yang dilaporkan wargannya akibat dugaan ketidak terbukaan dalam penyaluran bantuan tersebut.

Satu Pasien Positif Covid-19 Tempati Rumah Singgah Tounsaru

MANADOPOST.ID--Setelah disiapkan beberapa waktu lalu, rumah singgah yang disiapkan khusus tempat isolasi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kelurahan Tounsaru, Kecamatan Tondano Selatan, kini sudah ditempati.

ROR: Setengah Warga Minahasa Sudah Tersentuh BST dan BLT

MANADOPOST.ID--Bupati Minahasa Dr Royke Octavian Roring MSi (ROR) menyebut bantuan sosial yang yelah disalurkan pemerintah terhitung sudah setengah mencakup jumlah penduduk Kabupaten Minahasa.

Penutupan Kelurahan yang Belum Terpapar Covid-19 Ditunda

MANADOPOST.ID—Kabar penutupan sejumlah kelurahan yang belum terpapar Covid-19, mulai 16 hingga 19 Juli mendatang, ditunda pelaksanaannya. Itu diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Kota Tomohon Yelly Potuh SS, dalam keterangan persnya, Senin (13/7) kemarin.

Polisi Amankan 350 Liter Captikus di Pelabuhan

MANADOPOST.ID--Sebanyak 350 Liter minuman keras (miras) ilegal jenis captikus yang di selundupkan di pelabuhan Melonguane menggunakan kapal KM Barcelona 2, berhasil di gagalkan Polres Talaud melalui Polsek Melonguane.