31C
Manado
Minggu, 7 Maret 2021

Perda Covid-19 Segera Diterapkan

MANADOPOST.ID—Warga Minahasa Utara (Minut) yang masih tak patuh terhadap protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19, bakal ditindaki lebih tegas. Hal ini seiring dengan segera diterapkan peraturan daerah (perda) terkait hal tersebut.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Minut Jimmy Kuhu mengatakan, jika penerapan prokes akan lebih digiatkan dengan lahirnya perda yang akan dibahas di DPRD Minut. Hal ini karena Minut sudah masuk zona merah.

“Minut sebagai daerah penyanggah Kota Manado dan Bitung serta destinasi pariwisata sehingga ada kerja ekstra untuk menanggulangi Covid-19 di daerah ini,” jelasnya.

Dia pun meminta kerjasama para perangkat desa/keluarahan untuk mensosialisasi kepada masyarakat akan bahaya Covid-19. “Karena kedisiplinan itu harus mulai dari tingkatan terbawah. Para perangkat di lapisan terbawah harus jadi garda terdepan dalam mensosialisasikan bahaya penyebaran Covid-19,” tutur dia.

Sementara itu, Kapolres Minut AKBP Grace Rahakbau menegaskan, pelaksanaan syukuran maupun kegiatan duka tidak bisa digelar pada malam hari. Dan harus membuat surat pernyataan serta izin dari pemerintah dan polisi. “Ini demi mencegah penyebaran virus yang sudah semakin masif,” terangnya.

Pasien yang melakukan isolasi mandiri wajib diawasi pemerintah desa/kelurahan. Jika ada pasien yang isolasi mandiri dan ditegur namun tidak mengindahkannya, maka siap-siap mendapat sanksi tegas sesuai peraturan yang berlaku.

“Kalau ditegur tidak dengar, silakan pemerintah desa menghubungi aparat keamanan. Nanti aparat keamanan yang akan bertindak,” tutupnya. (jen)

Artikel Terbaru