32C
Manado
Kamis, 15 April 2021

TGR 61 M Pemkab Minut `Diendus` Kejati Sulut

MANADOPOST.ID—Pembayaran Tuntutan Ganti Rugi (TGR) pergeseran anggaran untuk penanggulangan Covid-19 di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut), akhirnya terendus Aparat Penegak Hukum (APH).

Kepala Inspektorat Minut Umbase Mayuntu membeber, dirinya telah diminta Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulut untuk memberikan keterangan terkait rekomendasi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tersebut, hari ini. “Iya besok (hari ini,red) diminta untuk ke sana (Kejati, red). Mau ditanyakan terkait itu. Kita tentu siap menyampaikan informasi seputar hal tersebut,” beber dia.

Diungkapkannya, dari total Rp61 miliar TGR, baru Rp521 juta yang disetorkan dinas terkait. Sebelumnya, deadline pengembalian telah diberikan hingga 14 Februari lalu melalui instruksi bupati. Dibeberkannya, sebelum Kejati, Polres Minut juga telah menyambangi kantornya dan meminta informasi terkait hal tersebut.

Sementara itu, Kajari Minut Fanny Widyastuti ikut mengonfirmasi. “Itu Kejati yang menangani. Bukan kami,” singkat dia. Namun, saat dikonfirmasi semalam, Kasi Penkum Kejati Sulut Theodorus Rumampuk mengaku belum mendapat informasi terkait penanganan kasus tersebut.

Baginya, apabila kasus tersebut baru masuk tahap penyelidikan, pihaknya tidak diperbolehkan memberikan komentar. “Sampai sekarang saya belum dapat info dari teman-teman penyidik lain. Tapi kalau masih tahap penyelidikan, kami belum bisa mengomentari. Itu sesuai instruksi Bapak Presiden,” ungkap dia.

Terpisah, Bupati Minut Joune Ganda memastikan akan mengawal proses pengembalian dana TGR sebagaimana rekomendasi BPK. Namun, terkait proses proses hukum yang berlangsung, dia menyerahkan penuh hal tersebut kepada APH.

“Pada prinsipnya kita akan menjalankan pemerintahan secara transparan dan sesuai aturan yang berlaku,” singkatnya usai Sertijab, pekan lalu. (jen)

Artikel Terbaru